Find Us On Social Media :

Memegang Singa di Tangan Kirinya dan Ular di Tangan Kanan, Inilah Gilgamesh Sosok Dua Per Tiga Dewa Sekaligus Penguasa Binatang dari Mesopotamia Kuno

By Muflika Nur Fuaddah, Jumat, 3 Desember 2021 | 12:21 WIB

Gilgamesh, Sosok Dua Per Tiga Dewa dari Mesopotamia Kuno

Intisari-Online.com - Gilgamesh yang termasyhur merupakan sosok raja dalam sejarah negara-kota Uruk di Sumeria

Dia adalah tokoh pahlawan dalam mitologi Mesopotamia Kuno dan tokoh utama dalam eposnya. 

Melansir Kompas.com, epos yang ditulis dalam bahasa Akkadia pada akhir milenium kedua SM, menceritakan tentang Gilgamesh. 

Legenda Gilgamesh dikisahkan dalam lima puisi Sumeria yang masih lestari hingga kini.

Baca Juga: Kehebatan Pedang 'Sabit' Khopesh: Senjata Orang Israel dari Mesopotamia yang Menghantarkan Mesir Menuju Supremasi Militer dengan 'Menjegal Kaki Kuda'

Dari antara kelima puisi ini, yang tertua mungkin adalah Gilgamesh, Enkidu, dan Dunia Bawah.

Puisi ini berkisah tentang Gilgamesh yang membantu dewi Inanna mengusir makhluk-makhluk yang menjadi penunggu pohon huluppu milik sang dewi.

Untuk menghargai jasa Gilgamesh, sang dewi memberinya dua benda yang disebut mikku dan pikku, tetapi Gilgamesh kemudian kehilangan kedua benda tersebut.

Setelah kematian Enkidu, yang dikisahkan sebagai hamba Gilgamesh dalam puisi-puisi Sumeria, rohnya bercerita kepada Gilgamesh tentang keadaan di Dunia Bawah.

Baca Juga: Pedang 'Sabit' Khopesh: Senjata Orang Israel dari Mesopotamia yang Menghantarkan Mesir Menuju Supremasi Militer, Apa Kehebatannya?