Find Us On Social Media :

Buah 'Maja' Belum Ada di Nusantara Kala Raden Wijaya Bangun Kerajaan, Sementara yang Asli Rasanya Manis, Jadi Apa Sebenarnya Arti 'Majapahit'?

By Ade S, Jumat, 12 November 2021 | 19:02 WIB

Kolase Mahapatih Gajah Mada pembawa Majapahit pada puncak kejayaan dan buah maja.

Intisari-Online.com - Cerita tentang asal usul nama Kerajaan Majapahit, biasanya akan merujuk pada satu buah, yaitu maja.

Dalam novel, sandiwara radio, hingga sinetron yang berlatar kerajaan Majapahit, disebut bahwa buah inilah yang menginspirasi Raden Wijaya dalam memberi nama kerajaannya.

Sang pendiri sekaligus raja pertama Majapahit tersebut dikisahkan tengah babat alas Tanah Tarik bersama para pengikutnya.

Ketika akhirnya mereka merasa lelah, mereka kemudian 'tergoda' oleh buah maja yang menggantung di pohon, yang memang banyak tumbuh di wilayah tersebut.

Baca Juga: Didirikan Tepat Hari Ini 728 Tahun Silam, Siapa Sangka Majapahit Berawal dari Keculasan Raden Wijaya Kala Melawan Salah Satu Pasukan Paling Ditakuti di Dunia

Sayangnya, buah yang mereka temukan tersebut ternyata mengecewaka, karena memiliki rasa yang pahit.

Rasa buah maja saat dicecap oleh Raden Wijaya dan pengikutnya inilah yang kemudian menginspirasi sang raja untuk memberi nama wilayah tersebut sebagai maja-pahit.

Singkat cerita, kerajaan tersebut kemudian mencapai puncak kejayaannya kala berada di bawah pimpinan Raja Hayam Wuruk dan Mahapatih Gajah Mada.

Namun, benarkah cerita yang sudah lama kita percayai tersebut?

Baca Juga: Namanya Terpatri Abadi Dalam Sejarah Berdirinya Majapahit, Ranggalawe Justru Berakhir Tragis Usai Gagal Kendalikan Nafsu Berkuasa