Find Us On Social Media :

Tanpanya Majapahit Bakal Jadi Dongeng Semata, Trowulan Ternyata Sudah Jadi Kota Metropolitan di Zamannya, Lihat Saja Bukti-buktinya Ini

By May N, Kamis, 11 November 2021 | 17:00 WIB

Situs Trowulan Mojokerto, sisa-sisa peninggalan Majapahit.

Intisari - Online.com - Sebagai kerjaaan Hindu-Buddha terbesar di Indonesia, Majapahit memiliki wilayah kekuasaan yang luas di Nusantara.

Kitab Negarakertagama menyebut kekuasaan Majapahit terbentang dari Jawa, Sumatra, Semenanjung Malaya, Kalimantan, Filipina (Kepulauan Sulu, Manila), Sulawesi, Papua dan lainnya.

Total ada 11 raja yang memimpin Majapahit, mulai dari Raden Wijaya sebagai pendiri Majapahit dan sampai pada Brawijaya, serta Hayam Wuruk sebagai raja paling hebat.

Ibu kota Majapahit sendiri disebut-sebut ada di beberapa tempat, Raden Wijaya memilih wilayah Mojokerto sebagai ibu kota, sedangkan Raja Girishawardhana memilih Kediri.

Baca Juga: Namanya Terpatri Abadi Dalam Sejarah Berdirinya Majapahit, Ranggalawe Justru Berakhir Tragis Usai Gagal Kendalikan Nafsu Berkuasa

Namun ada satu ibu kota Majapahit yang jarang disebut sejak berdiri sampai runtuhnya Majapahit akibat berdirinya Kesultanan Demak.

Ialah Trowulan, yang menjadi ibu kota Majapahit di masa Jayanegara.

Mengutip National Geographic Indonesia, Trowulan adalah metropolitan Majapahit.

Hal itu disampaikan Guru Besar Arkeologi Universitas Indonesia, Mundardjito.

Baca Juga: Pernah Bawa Majapahit Berjaya Kuasai Nusantara, Patih Gajah Mada Justru Berakhir Tragis, Jadi Buronan Prajuritnya Sendiri Hingga Memilih 'Moksa' Untuk Mengakhiri Hidupnya