Find Us On Social Media :

Apa Latar Belakang Terjadinya Perang 10 November 1945 di Surabaya Bisa Jadi Karena Rakyat Surabaya Tak Pedulikan Ultimatum dari Tentara Sekutu Ini

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 10 November 2021 | 10:15 WIB

Kondisi salah satu sudut di Kota Surabaya ketika pertempuran 10 November 1945

Intisari-Online.com – Hari ini, tanggal 10 November, bangsa Indonesia memperingati Hari Pahlawan.

Presiden Joko Widodo menjadi inspektur Upacara Hari Pahlawan dengan peserta terbatas, yang dilakukan di Taman Makam Pahlawan Kalibata, Jakarta Selatan.

Setelah upacara, Presiden Joko Widodo melakukan tabur bunga pada beberapa makam pahlawan Indonesia yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.

Kita memperingati 10 November sebagai Hari Pahlawan, untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang gugur dalam pertempuran 10 November 1945 di Surabaya.

Baca Juga: Ucapan Selamat Hari Pahlawan 10 November, Sampaikan Melalui Twibbon atau Ucapan Selamat yang Cocok untuk Media Sosial Anda

Apa latar belakang terjadinya perang 10 November 1945 di Surabaya?

Meski Indonesia telah memproklamirkan kemerdekaannya pada tanggal 17 Agustus 1945, nyatanya masih ada saja bentuk kolonialisme yang merongrong bangsa yang baru saja merdeka ini.

Pertempuran Surabaya merupakan pertempuran pertama yang terjadi setelah bangsa Indonesia menyatakan proklamasi kemerdekaan.

Kedatangan pasukan sekutu yang tergabung dalam Allied Forces Netherland East Indies (NICA) inilah yang melatarbelakangi pertempuran di Surabaya.

Baca Juga: Tanggal 10 November Ditetapkan Sebagai Hari Pahlawan Karena Keputusan Presiden RI Berdasarkan Peristiwa yang Terjadi pada Tahun 1945 di Surabaya