Find Us On Social Media :

Tanggal 10 November Ditetapkan Sebagai Hari Pahlawan Karena Keputusan Presiden RI Berdasarkan Peristiwa yang Terjadi pada Tahun 1945 di Surabaya

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 9 November 2021 | 11:00 WIB

Tanggal 10 November ditetapkan sebagai Hari Pahlawan karena Keputusan Presiden RI atas peristiwa yang terjadi di Surabaya pada tahun 1945.

Intisari-Online.com – Setiap tanggal 10 November setiap tahunnya, kita memperingati Hari Pahlawan.

Biasanya, dari anak sekolah hingga pegawai kantor, selalu memperingati dengan beragam cara,  yang dimulai dari Upacara Bendera di sekolah atau instansi pemerintah.

Pada tahun 2021 ini, tanggal 10 November jatuh pada hari Rabu, dengan mengambil tema perayaan adalah ‘Pahlawanku Inspirasiku’.

Bila setiap tahunnya peringatan Hari Pahlawan diadakan dengan mengadakan pawai atau karnaval di jalan-jalan, maka dua tahun belakangan ini hanya dilakukan cukup sederhana mengingat kita masih dalam pandemi Covid-19.

Baca Juga: Peristiwa Gugurnya Para Pemuda Surabaya Inilah Salah Satu Jawaban Mengapa Setiap Tanggal 10 November Diperingati Sebagai Hari Pahlawan

Tidak mengurangi kemeriahan peringatan Hari Pahlawan, Anda dapat menyampaikan ucapan selamat melalui twibbon Hari Pahlawan 2021.

Lalu, apa alasan tanggal 10 November ditetapkan sebagai Hari Pahlawan?

Tanggal 10 November ditetapkan sebagai Hari Pahlawan karena berdasarkan Keputusan Presiden no. 316 Tahun 1959 tentang Hari-hari Nasional yang Bukan Hari Libur.

Keputusan Presiden itu ditandatangani oleh Presiden Soekarno.

Baca Juga: Tewasnya Jenderal Inggris Ini Disebut-sebut Jadi Penyebab Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, Siapa Sebenarnya yang Membunuhnya?