Find Us On Social Media :

Peristiwa Gugurnya Para Pemuda Surabaya Inilah Salah Satu Jawaban Mengapa Setiap Tanggal 10 November Diperingati Sebagai Hari Pahlawan

By K. Tatik Wardayati, Senin, 8 November 2021 | 16:10 WIB

Pertempuran terus dilanjutkan sampai puncaknya pada tanggal 10 November 1945

Intisari-Online.com – Setiap tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan, yang tahun ini jatuh pada hari Rabu.

Kalau setiap tahunnya Hari Pahlawan dirayakan secara meriah, apalagi di kota Surabaya, maka dua tahun belakangan ini diadakan secara sederhana karena masih berkaitan dengan pandemi Covid-19 yang melanda tanah air kita.

Biasanya di kota Surabaya, setiap tanggal 10 November selain upacara bendera, diadakan pawai perjuangan, bahkan pemuda Surabaya mengadakan drama kolosal dengan mengambil tempat di depan sebuah Hotel yang menjadi tempat perjuangan mereka dulu.

Hotel yang dulunya bernama Hotel  Yamato atau Hotel Oranje, yang sekarang bernama Hotel Majapahit, menjadi awal mula perjuangan rakyat Surabaya mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

Baca Juga: Tewasnya Jenderal Inggris Ini Disebut-sebut Jadi Penyebab Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, Siapa Sebenarnya yang Membunuhnya?

Lalu, mengapa setiap tanggal 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan?

Pada tanggal 10 November 1945 terjadi pertempuran di Surabaya, yang merupakan pertempuran besar antara tentara Indonesia dengan pasukan Inggris.

Ini merupakan perang pertama pasukan Indonesia dengan pasukan asing setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

Juga disebut-sebut sebagai pertempuran terbesar dan terberat dalam sejarah Revolusi Nasional Indonesia yang menjadi simbol nasional atas perlawanan  Indonesia terhadap kolonialisme.

Baca Juga: Ucapan Selamat Hari Pahlawan 10 November Bisa Melalui Twibbon yang Diunduh, Ketahui Makna dan Filosofi dari Logo Hari Pahlawan 2021 Ini