Find Us On Social Media :

Firaun Shishak: Bertolak Belakang dari yang Diketahui, Benarkah Sebenarnya Kerajaan Israel Kuno Justru Didirikan oleh Seorang Firaun?

By Muflika Nur Fuaddah, Senin, 8 November 2021 | 14:56 WIB

(Ilustrasi) Firaun Mesir Kuno

Intisari-Online.com - Firaun yang memerintah Mesir pada pertengahan abad ke-10 SM mungkin memainkan peran penting sejarah bangsa Israel kuno.

Peran besar yang dimiliki Shishak, alias Sheshonq I untuk kerajaan-kerajaan Israel yang sedang berkembang di Kanaan mulai muncul berkat penemuan arkeologis baru dan pengetahuan alkitabiah.

Israel sebenarnya tidak disia-siakan.

Asal-usul bangsa Israel dan kerajaan mereka diselimuti misteri.

Hal itu sebagian karena mereka berasal dari abad-abad setelah runtuhnya berbagai peradaban pada akhir Zaman Perunggu.

Baca Juga: David Ben-Gurion, Perdana Menteri Pertama Negara Yahudi dan Pemimpin Zionis Terpenting Abad ke-20, Pernah Menjadi Buruh di Palestina

Melansir Haaretz.com, beberapa peninggalan tekstual dan arkeologis selamat dari kekacauan yang melanda sebagian besar tanah di sekitar Mediterania.

Apa yang kita ketahui adalah bahwa sebuah kelompok yang diidentifikasi sebagai “Israel” pertama kali muncul dalam catatan sejarah di Prasasti Merneptah.

Prasasti itu diperkirakan berasal dari sekitar tahun 1210 SM, tidak lama sebelum Zaman Perunggu runtuh – sekitar 3.230 tahun yang lalu.

Teks ini menggambarkan bangsa Israel sebagai orang-orang nomaden atau semi-nomaden yang tinggal di Kanaan dan firaun Merneptah membanggakan bahwa “Israel dihancurkan, benihnya tidak ada lagi.”

Maju cepat tiga setengah abad, ke pertengahan Zaman Besi, dan Israel kembali ke panggung sejarah dengan keras.

Baca Juga: Benarkah Eropa Jadikan Israel 'Anak Emas' dengan Menciptakan Tanah Air Israel di Palestina untuk Meminta Maaf atas Peristiwa Holocaust?

Prasasti Kurkh mencatat bagaimana pada pertempuran penting Qarqar (Suriah utara), pada tahun 853 SM, perluasan kerajaan Asyur ke Levant (sementara) dihalangi oleh aliansi regional yang termasuk Raja Ahab, yang disebut sebagai “Ahab orang Israel”.

Tapi apa yang terjadi di abad-abad berikutnya?

Bagaimana sekelompok pengembara yang diburu oleh pasukan Merneptah di akhir Zaman Perunggu, muncul ke Zaman Besi sebagai kerajaan yang kuat yang mampu menerjunkan ratusan kereta dan menghadapi kekuatan Asyur?

Alkitab mengungkap bahwa proses ini dimulai ketika 12 suku Israel bersatu di bawah raja Saul, Daud dan Salomo untuk membentuk sebuah kerajaan besar, berpusat di Yerusalem, sekitar abad ke-11 SM.

Apa yang disebut Monarki Bersatu retak setelah kematian Salomo, dengan putra raja besar, Rehoboam, hanya mempertahankan kendali atas Yehuda dan Yerusalem.

Baca Juga: Dipandang Sebagai Raja Agung Mesir Kuno, Terkuak Alasan Firaun Ketakutan Setengah Mati Pada Bangsa Israel, Hingga Perintahkan Untuk Perbudak Orang Yahudi

Sementara itu, suku-suku utara yang memberontak memisahkan diri untuk membentuk Kerajaan Israel di bawah seorang penguasa bernama Yerobeam.

Namun, banyak sarjana meragukan bahwa ada Monarki Bersatu untuk memulai.

Ada sedikit bukti kuat tentang kerajaan besar ini, yang didorong oleh ideologi dari para ahli Taurat Yerusalem yang menyusun bagian Alkitab ini, mungkin pada akhir abad ke-7 SM, ratusan tahun setelah zaman Daud dan Salomo.

Jadi jika kisah alkitabiah tentang Kerajaan Bersatu dan kehancurannya tidak dapat dianggap sebagai sejarah, bagaimana kerajaan Israel terbentuk?

Satu teori mengatakan itu mungkin ada hubungannya dengan firaun bernama Sheshonq, atau Shishak.

Baca Juga: Para Wanita Israel Kuno Punya Jimat Khusus Penarik Hati Pria, Seperti Apa Kehidupan Masa Itu?

Kampanye militer Sheshonq di Levant pada pertengahan abad ke-10 SM adalah salah satu catatan alkitabiah paling awal yang sebagian dapat dikuatkan melalui sumber-sumber eksternal.

Dan signifikansi kampanye Mesir untuk sejarah Ibrani kuno mungkin lebih besar daripada yang Alkitab katakan, menurut teori Israel Finkelstein dari Universitas Tel Aviv, salah satu arkeolog Alkitab terkemuka Israel.

“Hampir tidak ada referensi sejarah ekstra-alkitabiah untuk Levant antara abad ke-12 dan keterlibatan Asyur pada abad ke-9,” Finkelstein mengatakan kepada Haaretz.

“Untuk abad ke-10 satu-satunya informasi ekstra-alkitabiah yang relatif rinci adalah bukti dari kampanye Sheshonq.”

Menjadikan Mesir Hebat Lagi

Alkitab mengatakan bahwa pada tahun kelima pemerintahan Rehoboam (sekitar 925 SM), seorang firaun bernama Shisyak menyerang Yerusalem.

Dia menjarah kota dan “merampas harta benda rumah Tuhan dan harta benda istana raja; dia mengambil semuanya.” (1 Raja 14:25-26)

Baca Juga: Tak Peduli Sekutu Sendiri, AS Masukkan 2 Perusahaan Israel Ini ke Dalam Daftar Hitam, Memangnya Apa yang Dilakukan Perusahaan Tersebut?

Para arkeolog telah mengetahui selama beberapa abad bahwa setidaknya ada beberapa kebenaran sejarah di balik kisah alkitabiah, karena Sheshonq mencatat eksploitasi kampanyenya di Kanaan di dinding kuil Amun di Karnak di Mesir Hulu.

Kembali pada tahun 1926, para arkeolog juga menemukan cartouche Sheshonq yang diukir pada balok batu di Megiddo, di Israel utara saat ini.

Hal itu membuktikan bahwa firaun telah aktif tinggal di wilayah tersebut.

Finkelstein, serta para cendekiawan lainnya, menduga bahwa para penulis Alkitab menggunakan ingatan penyerangan Sheshonq untuk membangun sebuah perumpamaan tentang dosa Salomo dan Rehoboam, dan hukuman berikutnya yang dijatuhkan oleh Tuhan melalui firaun.

“Penjarahan kuil adalah sebuah kiasan yang beberapa kali dalam teks Alkitab dianggap bentuk hukuman,” kata Finkelstein.

Namun, sementara Alkitab bisa dibilang menyoroti nasib Yerusalem.

Catatan arkeologi menunjukkan bahwa kampanye Sheshonq jauh lebih signifikan daripada sekadar menjarah ibu kota Yehuda.

Prasasti di kuil Karnak mencantumkan lusinan kota yang ditaklukkan Sheshonq di Kanaan – tetapi Yerusalem dan lokasi penting lainnya di Yehuda tidak termasuk dalam daftar.

Baca Juga: Bukan Amerika Serikat, Malah Negara yang Pernah Hampir Libatkan Eropa dalam Perang Ini yang Jadi Negara Pertama Ajak Iran Berperang, Seluruh Dunia Kalang Kabut!

Mungkin ini karena beberapa nama dalam daftar telah hilang, atau mungkin menandakan bahwa Yerusalem dan sekitarnya tidak menarik bagi firaun Shishak.

Bagaimanapun, teks di Karnak – dan cartouche yang ditemukan di Megiddo – menunjukkan bahwa kampanye tersebut bukanlah serangan.

Namun, upaya untuk memulihkan hegemoni Mesir atas Kanaan dan wilayah lain yang telah diperintah oleh para firaun selama periode Kerajaan Baru periode (abad ke-15 SM hingga abad ke-12 SM).

“Kekaisaran tidak menyerang. Mesir tidak menyerang,” kata Finkelstein.

“Bagi Shishak ini adalah memulihkan kerajaan besar Mesir di Kanaan.”

Shishak dan penerusnya di dinasti ke-22 menyatukan Mesir setelah periode panjang perpecahan dan pertikaian yang menyertai akhir Zaman Perunggu.

Dengan latar belakang tata negara inilah terdapat keterlibatan Shishak dalam membentuk Israel awal.

Di zaman kuno, itu adalah praktik umum bagi para pembangun kerajaan, termasuk para firaun, untuk menaklukkan suatu wilayah dan mengganti dinasti yang berkuasa dengan seorang pemimpin lokal yang akan bertindak sebagai raja bawahan.

Ini hanya teori, tetapi Finkelstein mengatakan ada beberapa petunjuk bahwa kelahiran Kerajaan Israel utara mungkin hasil dari pengaturan politik yang dilakukan Shisak setelah kampanyenya.

(*)