Find Us On Social Media :

Namanya Tercatut dalam Skandal Pengusaha Elit Dunia Pandora Papers, Terkuak Inilah Sejarah Kerajaan Bisnis Luhut Pandjaitan

By Tatik Ariyani, Kamis, 7 Oktober 2021 | 15:13 WIB

Luhut Binsar Pandjaitan

Intisari-Online.com - Akhir-akhir ini tengah ramai pemberitaan mengenai Pandora Papers.

Pandora Papers merupakan laporan yang membocorkan sekitar 12 juta file berupa dokumen, foto, dan email yang mengungkap harta tersembunyi, penggelapan pajak, serta kasus pencucian uang yang melibatkan orang terkaya dan berkuasa di dunia.

Laporan tersebut adalah hasil temuan lebih dari 600 jurnalis yang berasal di 117 negara, yang berisi data terkait kekayaan rahasia para elite kaya di lebih dari 200 negara dan wilayah di dunia.

Para elite yang terdiri atas orang terkaya di dunia hingga pejabat publik dan politisi ini memanfaatkan negara-negara yang menjadi surga pajak atau tax haven dan menggunakan perusahaan offshore untuk membeli properti dan menyembunyikan aset kekayaan mereka.

Baca Juga: Satu Dunia Geger Gara-gara Pandora Papers yang Ungkap Kekayaan Miliaran Dolar Milik Para Tokoh Dunia Sampai Nama Luhut dan Airlangga Disebut-sebut, Penyelidikan Apa Itu Pandora Papers?

Hal itu digunakan untuk menghindari kewajiban membayar pajak hingga hal lain yang mungkin lebih buruk.

Nama Menteri Koordinator bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan turut muncul dalam dokumen Pandora Papers.

Dalam dokumen itu, Luhut disebut sempat menjabat di salah satu perusahaan cangkang (shell company) yang terdaftar di Republik Panama.

Baca Juga: Perkembangan Industri Baterai Mobil Listrik Indonesia Tak Lagi Angan Semata, Produsen Senyawa Lithium Terbesar Ketiga di Dunia Ini Kini Ikut Muluskan Ambisi Luhut dan Jokowi Ini