Find Us On Social Media :

Satu Dunia Geger Gara-gara Pandora Papers yang Ungkap Kekayaan Miliaran Dolar Milik Para Tokoh Dunia Sampai Nama Luhut dan Airlangga Disebut-sebut, Penyelidikan Apa Itu Pandora Papers?

By May N, Selasa, 5 Oktober 2021 | 20:23 WIB

Ilustrasi Pandora Papers, laporan kebocoran data penggelapan dana para pemimpin dunia dan selebritis serta tokoh terkemuka lainnya

Intisari-Online.com - Dunia dibikin panik oleh Pandora Papers, hasil penyelidikan yang mengungkap kebocoran data skandal penggelapan harta kekayaan dan penggelapan pajak orang-orang kaya dan penguasa dunia.

Saking banyaknya data yang dibeberkan, Pandora Papers disebut sebagai tsunami data yang mengungkap 11,9 juta rekam data dari 14 perusahan keuangan offshore yang berbeda.

Perusahaan offshore artinya adalah perusahaan yang ada di luar negara pemilik perusahaan tersebut.

Laporan investigasi ini dirilis oleh Konsorsium Jurnalis Investigatif Internasional (ICIJ).

Baca Juga: Telan Kenyataan Pahit Pelabuhannya Dikuasai China 200 Tahun, Negara Tetangga Ini Syok Setelah Dokumen Rahasia Beberkan Keluarga Presiden Sibuk Menimbun Kekayaan Lewat Perusahaan Cangkang Ini

ICIJ mengungkapkan bocoran data pada Pandora Papers mengungkap rekam jejak elit dunia yang memanfaatkan wilayah atau negara surga pajak (tax havens) guna membeli properti dan menyembunyikan aset mereka.

Dengan ini para elit global ini bisa terhindar dari kewajiban membayar pajak di negara asal mereka.

Sampai saat ini dari 11,9 juta data itu menyebut 330 nama politisi, 130 miliarder yang ada di daftar Forbes, selebriti, pelaku tindak kejahatan penipuan, gembong narkoba, keluarga kerajaan serta pemuka agama.

Laporan kebocoran data

Baca Juga: Kekayaan Rahasianya Diungkap Dokumen Pandora, Wanita Simpanan Presiden Rusia Vladimir Putin Ini Ternyata Dulunya Tukang Bersih-bersih dan Tinggal di Apartemen Sederhana