Find Us On Social Media :

Jangan Sembarangan Tes Covid-19 di Rumah Walau Alatnya Sudah Ada, Rupanya Hanya dengan Minuman Minimarket Ini Malah Dideteksi Positif dengan Alat Tes Rumahan Itu!

By May N, Senin, 27 September 2021 | 17:05 WIB

Soft Drink biasa dinikmati dingin-dingin di siang hari untuk mengusir gerah.

Intisari-Online.com - Dengan pandemi Covid-19 yang belum selesai, jumlah test kit mandiri Covid-19 semakin banyak ada, yang dianggap lebih aman daripada terpapar dengan mendatangi lokasi tes yang ada di ruang publik.

Namun peneliti penyakit menular temukan bahwa alat tes mandiri ini justru bisa menyebabkan positif palsu Covid-19.

Bahkan hanya dengan minuman tertentu saja bisa membuat hasil Anda positif jika dites dengan alat tes mandiri!

Melansir Eat This, Not That, kelompok ilmuwan yang mempelajari obat tropis di Universitas Tubingen, Jerman, baru-baru ini merilis penelitian di International Journal of Infectious Disease.

Baca Juga: Tanpa 'Babibu' Selesai Tes 11 Juta Warga Wuhan Hanya dalam 5 Hari, Bukan Pertama Kali Ternyata Ini Cara Jitu China Melakukan Tes Covid-19

Mereka mencatat bahwa saat tes PCR masih menjadi standar emas akurasi, tes antigen mandiri yang murah dan bisa dipakai secara mandiri di sekolah atau tempat kerja atau di rumah sudah sangat banyak.

Namun peneliti menambahkan, ada cara mudah konsumen dapat memalsukan hasil positif Covid-19 dengan alat tes tersebut: teteskan minuman botol ke alat tes mandiri.

Alat yang dipakai oleh para peneliti ini adalah Abbot Panbio Covid-19 Ag Lateral Flow Test.

Sedangkan minuman yang mereka pakai antara lain:

Baca Juga: Perlu Anda Ketahui, Ternyata Ini yang Harus Dilakukan Setelah Kontak Erat dengan Orang Positif Covid-19, Apa Saja?