Find Us On Social Media :

Perlu Anda Ketahui, Ternyata Ini yang Harus Dilakukan Setelah Kontak Erat dengan Orang Positif Covid-19, Apa Saja?

By Muflika Nur Fuaddah, Rabu, 30 Juni 2021 | 20:49 WIB

Covid hari ini

Intisari-Online.com - Setelah mengetahui seseorang yang ditemui terkonfirmasi positif Covid-19, ada beberapa hal yang perlu dilakukan.

Sebab, kemungkinan Anda termasuk dalam kontak erat pasien tersebut.

Apa yang dimaksud dengan kontak erat?

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Primaya Hospital Pasar Kemis, dr Kiki Maharani, SpPD, menjelaskan, bertatapan muka dengan orang yang positif Covid-19 selama lebih kurang 15 menit sudah termasuk dalam kontak erat.

Baca Juga: Peningkatan Covid-19 di Indonesia Dianggap Mengkhawatirkan, Organisasi Internasional Ini Sampai Peringatkan Indonesia, Sampai Menyebutnya di Ambang Bencana

Dalam kondisi ini, dr Kiki mengimbau agar masyarakat mewaspadai jika muncul gejala Covid-19 setelah lima hingga tujuh hari.

"(Sebab) masa inkubasinya (virus corona yang masuk ke tubuh) sekitar lima sampai tujuh hari," ungkap dr Kiki saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (26/6/2021).

Setelah kontak erat atau saat baru mengetahui bahwa seseorang yang ditemui terkonfirmasi positif Covid-19, tes Covid-19 yang langsung dilakukan seketika itu, baik menggunakan tes swab antigen maupun PCR test, bisa saja menunjukkan hasil negatif.

"Karena mungkin pada saat itu (tes Covid-19) belum terbentuk paparan virus di tubuh kita," jelas dr Kiki.

Baca Juga: Sebut Wilayahnya Seharusnya Masuk Zona Hitam Karena 37 Keluarga Positif Covid-19, Ketua RW Ini Bingung Bukan Main Ketika Tahu Rumah Sakit di Depok Luar Biasa Penuhnya