Find Us On Social Media :

Covid Hari Ini 31 Oktober 2020: Ketua PMI Jusuf Kalla Perkirakan Pandemi Covid-19 di Indonesia Baru Selesai Tahun 2022 Mendatang, Ini Logikanya

By Maymunah Nasution, Sabtu, 31 Oktober 2020 | 20:24 WIB

Ketua Umum PMI Jusuf Kalla saat mengunjungi kegiatan donor darah TNI

Intisari-online.com - Ketua Umum Palang Merah (PMI) Jusuf Kalla (JK) memperkirakan, butuh waktu hingga 2022 agar Indonesia benar-benar pulih dari pandemi Covid-19.

Hal itu disebabkan ketersediaan vaksin yang baru siap pada pertengahan 2021.

Sementara itu, diperlukan waktu lebih dari satu tahun untuk melakukan vaksinasi, setidaknya kepada 70 persen populasi yang tinggal di Indonesia.

“Kalau ditanya kapan kira-kira pandemi Covid-19 ini selesai, maka saya perkirakan di Indonesia baru bisa selesai pada 2022," ujar JK dikutip dari siaran pers PMI, Sabtu (31/10/2020).

Baca Juga: 'Anda Bisa Pesan Ulang Liburan, Tapi Tak Bisa Ganti Orang yang Dicintai', Kisah Pilu Seorang Pria yang Meninggal Hanya Sehari Setelah Dirawat karena Covid-19, Padahal Kondisinya Baik-baik Saja

"Karena yang bisa menyelesaikan ini hanya vaksin, dan tes klinis vaksin itu baru bisa keluar antara Januari–Februari 2021 dan mulai produksi pada Maret," lanjutnya.

JK mengingatkan, masing-masing negara produsen vaksin, seperti China, Inggris, dan Amerika akan mengutamakan kebutuhan dalam negeri mereka.

Baru kemudian mereka memberikan kesempatan kepada negara-negara lain.

"Setelah itu baru kita bisa dapat. Kira-kira nanti vaksinasi bertahap dalam negeri mulai antara Mei dan Juni (2021)," ungkap JK.

Baca Juga: Covid Hari Ini 30 Oktober 2020: Uni Eropa Berlakukan Sistem Transfer Pasien Covid-19 Antarnegara, Bagaimana Cara Berlakunya?