Find Us On Social Media :

Kontras dengan Australia yang Menggebu Ingin Miliki Kapal Selam Nuklir, Perdana Menteri Cantik yang Dulu Siarkan Adzan di Negaranya Ini Menentang Keras Kapal Selam Nuklir Masuki Perairan Negaranya

By May N, Minggu, 19 September 2021 | 14:05 WIB

Perdana Menteri Australia Scott Morrison

Intisari-Online.com - Kapal selam nuklir yang akan dimiliki Australia kini menghadapi tantangan besar karena banyak negara yang mengecam dan tidak setuju Australia memilikinya.

Walaupun Perdana Menteri Australia Scott Morrison menyebut kapal selam nuklir bukanlah tentang senjata nuklir tapi tentang bahan bakarnya, tapi banyak pihak yang mewanti-wanti pelanggaran kesepakatan nuklir dunia.

China sendiri berang dengan keputusan Australia, dengan menyebut rencana tersebut meningkatkan persaingan senjata di Indo-Pasifik.

Namun rupanya penolakan kapal selam nuklir tidak hanya dari China yang musuh Amerika Serikat (AS) saja.

Baca Juga: China Tambah Murka, AS Lakukan Hal Ini di Selat Taiwan Tak Lama Setelah Perjanjian Kapal Selam Nuklir AUKUS Diumumkan

Mengutip Sydney Morning Herald, Kampanye Internasional untuk Menghapus Senjata Nuklir telah memperingatkan rencana Australia membangun 8 kapal selam nuklir itu akan mengisolasi Australia dari negara-negara tetangga mereka yang ingin Pasifik bebas dari nuklir.

Salah satunya adalah dari Selandia Baru.

Beberapa jam setelah pengumuman Australia turun, Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Arden mengatakan kapal-kapal tersebut akan dilarang memasuki perairan Selandia Baru.

Jacinda Ardern sudah beberapa kali terkenal bukan hanya karena penolakannya terhadap senjata mematikan ini.

Baca Juga: Kini Australia Sudah Bisa Miliki Kapal Selam Nuklir Gara-gara AS, Negara Mana Saja yang Punya Teknologi Mematikan Itu? Ternyata Memilikinya Tidak Boleh Sembarangan