Find Us On Social Media :

Kini Australia Sudah Bisa Miliki Kapal Selam Nuklir Gara-gara AS, Negara Mana Saja yang Punya Teknologi Mematikan Itu? Ternyata Memilikinya Tidak Boleh Sembarangan

By May N, Minggu, 19 September 2021 | 12:40 WIB

Kapal selam bertenagan nuklir.

Intisari-Online.com - Amerika Serikat (AS) dan Inggris menghadapi kritik dari sekutu-sekutu mereka karena menandatangani kesepakatan pertahanan dengan Australia.

Presiden AS Joe Biden dan Perdana Menteri Inggris Boris Johnson beserta Perdana Menteri Australia Scott Morrison sebelumnya umumkan perjanjian keamanan baru Rabu kemarin yang membuat AS dan Inggris akan menyediakan Australia dengan teknologi baru untuk membangun kapal selam bertenaga nuklir.

"Namun biar kuperjelas: Australia tidak mencari cara mendapatkan senjata nuklir atau membangun kemampuan sipil nuklir. Dan kami akan melanjutkan untuk bertemu semua kewajiban non-proliferasi nuklir kami," tambah Morrison dikutip dari Hindustan Times.

Pengumuman itu sayangnya tidak diterima dengan baik oleh Perancis.

Baca Juga: Chian Saja Sampai Ketakutan, Memangnya Bakal Sekuat Apa Militer Australia Jika Memiliki Kapal Selam Bertenaga Nuklir?

Dikabarkan Perancis kehilangan kesepakatan senilai USD 100 miliar untuk membangun kapal selam diesel untuk Australia.

Menteri Luar Negeri Perancis Jean-Yves Le Drian mengutarakan 'kekecewaan besar' atas pengumuman inisiatif tersebut, menyebutnya 'tusukan dari belakang'.

"Tampak seperti yang dilakukan Trump," ujarnya.

China juga berang atas pengumuman tersebut yang tampak sebagai upaya melawan tumbuhnya pengaruh China di Indo-Pasifik.

Baca Juga: Ngamuk dan Kecewa Berat, Perancis Tiba-tiba Tarik Duta Besarnya dari AS dan Australia Walaupun Baru Pertama Kalinya, Siapa Sangka Persekutuan Baru Justru Timbulkan Musuh Baru