Find Us On Social Media :

Setelah Tahu Fakta Ini Anda Pasti Langsung Memburunya, Ternyata Oncom dan Tempe Bisa Jadi Penangkal Penyakit Mematikan Ini

By Tatik Ariyani, Kamis, 9 September 2021 | 14:09 WIB

ilustrasi oncom dan tempe

Intisari-Online.com - Dikenal sebagai makanan tradisional orang Indonesia, oncom dan tempe tentu banyak disukai karena rasanya yang enak.

Dua makanan fermentasi tersebut memiliki harga yang murah dan bisa ditemukan di mana saja.

Selain itu, oncom dan tempe juga bermanfaat bagi kesehatan yakni ampuh mencegah penyakit berbahaya.

Seorang penelitian menemukan fakta makanan tradisional tempe dan oncom sangat bermanfaat bagi kesehatan pembuluh darah manusia, seperti dikutip dari Wartakota.

Baca Juga: Tidak Hanya Enak Dimasak dengan Campuran Oncom, Leunca Juga Punya Manfaat Kesehatan, dari Atasi Tekanan Darah Tinggi Hingga Sebagai Kontrasepsi Pria

Lima mahasiswa dari Fakultas Teknologi Pertanian (FTP) Universitas Brawijaya (UB) Malang, yakni Rani Susanti, Clara Artha Febriana (THP 2012), Raehana Saria G (THP 2013), Khusnul Khotimah (THP 2013), dan Sita Nuryanti (THP 2013), membuat penelitian dari oncom dan tempe.

Penelitian tersebut di bawah bimbingan Dr Aji Sutrisno melalui Program Kreativitas Mahasiswa bidang Penelitian (PKM-P) DIKTI 2015.

Salah seorang peneliti manfaat tempe dan oncom untuk terapi trombosis tersebut Rani Susanti di Malang, Jawa Timur, mengatakan, "Penyumbatan pembuluh darah tersebut diakibatkan dari respons alami tubuh manusia, yaitu pembekuan darah yang terjadi di pembuluh darah vena bagian dalam dan pembuluh darah arteri."

Adanya berbagai kasus pembuluh darah ini kemudian mendorong kelima mahasiswa ini untuk memberikan solusi.

Baca Juga: Sedang Mampir ke Bogor, Jangan Lupa Icipi Laksa Bogor Tradisional Kampung Cingcau