Find Us On Social Media :

Susah Ditembus Taliban, Terkuak Mengapa 'Lembah Lima Singa' Panjshir Adalah Satu dari 34 Provinsi di Afghanistan yang Belum Pernah Tertaklukkan

By Muflika Nur Fuaddah, Selasa, 7 September 2021 | 10:32 WIB

Taliban Klaim Kuasai Lembah Panjshir,

Intisari-Online.com - Kelompok Taliban mendeklarasikan kemenangan atas pasukan perlawanan Afghanistan di Lembah Panjshir.

Dalam video yang beredar, mereka mengibarkan bendera di depan kantor gubernur provinsi pada Senin waktu setempat (6/9/2021).

Namun, Front Perlawanan Nasional (NRF) menyatakan mereka masih menduduki posisi strategis dan janji untuk terus melawan.

Pemimpin NRF, Ahmad Massoud, pun menyerukan rakyat Afghanistan melakukan "perlawanan nasional" terhadap Taliban.

Baca Juga: Sampai Diklaim Bakal Jadi Mimpi Buruk Setiap Warganya Selama 3 Generasi, Kerugian AS Nyatanya Malah 3 Kali Lebih Besar Usai Angkat Kaki dari Afghanistan, Janji Ini Pemicunya

Dalam pesan suara di media sosial, Massoud menyalahkan komunitas internasional yang melegitimasi Taliban.

Dilansir BBC, dalam pandangan Massoud dunia meningkatkan konfidensi milisi baik secara politik maupun militer.

"Di mana pun Anda berada, saya meminta diadakan perlawanan nasional demi martabat, kebebasan, dan kemakmuran negara kita," tegasnya.

Menariknya, Panjshir adalah salah satu dari 34 provinsi Afghanistan yang tidak diduduki oleh Taliban dan tidak pernah berada di bawah kendali mereka.

Baca Juga: 'Mereka Akan Melakukan Penyiksaan,' Kisah Cinta Tentara Afghanistan dan Perawat AS Ini Sekarang Terpisah oleh Taliban