Find Us On Social Media :

Sampai Diklaim Bakal Jadi Mimpi Buruk Setiap Warganya Selama 3 Generasi, Kerugian AS Nyatanya Malah 3 Kali Lebih Besar Usai Angkat Kaki dari Afghanistan, Janji Ini Pemicunya

By Ade S, Minggu, 5 September 2021 | 18:58 WIB

Pejuang Taliban berjaga di gerbang masuk di luar Kementerian Dalam Negeri di Kabul

Intisari-Online.com - Amerika Serikat akhirnya secara resmi meninggalkan seiring dengan beredarnya sebuah foto yang menunjukkan seorang tentara terakhir AS meninggalkan Afghanistan, Selasa (31/8/2021).

Komandan Divisi lintas Udara ke-82 Mayor Jenderal Chris Donahue, seperti terlihat dalam foto yang menggunakan penginderaan malam tersebut, menjadi orang terakhir yang naik pesawat.

Komandan Komando Pusat AS Jenderal Kenneth McKenzie pun sudah menyatakan bahwa pada Senin (30/8/2021), petugas terakhir AS telah meninggalkan Afghanistan.

Sebuah tanda dari kisah panjang konflik milter Amerika Serikat dan Taliban yang telah berlangsung selama 20 tahun.

Baca Juga: 'Mereka Akan Melakukan Penyiksaan,' Kisah Cinta Tentara Afghanistan dan Perawat AS Ini Sekarang Terpisah oleh Taliban

Beberapa jam kemudian, setelah pasukan AS secara resmi meninggalkan Afghanistan, para pemimpin Taliban pun akhirnya muncul di bandara Kabul.

Dengan senyum terseungging di wajah, Juru Bicara Taliban Zabihullah Mujahid mewakili rombongan menyampaikan suka cita mereka.

“Selamat kepada Afghanistan. Kemenangan ini milik kita semua,” kata Mujahid kepada wartawan sebagaimana dilansir Al Jazeera.

“Amerika dikalahkan, mereka tidak dapat mencapai target mereka melalui operasi militer,” tutur Mujahid.

Baca Juga: Ngotot Ingin Lepas dari Ketergantungan pada AS Setelah Jatuhnya Afghanistan, Uni Eropa Berencana Bentuk Kekuatan Militer Independen Meski Disebut Bakal Memecah Eropa