Find Us On Social Media :

Sampai Bikin Belasan Orang Meregang Nyawa dengan Cara Konyol, Pasukan Taliban Ini Rayakan 'Kemenangan' di Panjshir dengan Serampangan, Komandannya Makin Murka saat Tahu Fakta Ini

By Ade S, Senin, 6 September 2021 | 11:22 WIB

(ilustrasi) Taliban berhasil menguasai pesawat A-29 Super Tucano

Intisari-Online.com - Taliban memang telah berhasil mengambil alihi sebagian besar dari 33 ibu kota provinsi di Afghanistan.

Namun, keberhasilan mereka yang nyaris tanpa pertumpahan darah tersebut ternyata tidak berlaku di lembah Panjshir.

Sejak AS secara resmi benar-benar meninggalkan Afghanistan pada 31 Agustus lalu, wilayah ini menjadi satu-satunya yang masih berjuang mempertahankan diri.

Di bawah pimpinan Ahmad Massoud, putra mendiang komandan mujahidin Ahmad Shah Massoud, provinsi Panjshir memberikan perlawanan sengit bagi Taliban.

Baca Juga: Sampai Diklaim Bakal Jadi Mimpi Buruk Setiap Warganya Selama 3 Generasi, Kerugian AS Nyatanya Malah 3 Kali Lebih Besar Usai Angkat Kaki dari Afghanistan, Janji Ini Pemicunya

Taliban, yang telah mengirimkan kekuatan terbaiknya, tentunya menyadari bahwa menaklukan Panjshir bukanlah hal yang mudah.

Sebab wilayah ini terkenal tidak pernah bisa ditaklukan tidak hanya oleh Taliban, tapi juga oleh Uni Soviet dan Inggris.

Maka, jika Taliban sampai berhasil merebut Panjshi, maka itu akan menjadi yang pertama kalinya dalam sejarah wilayah tersebut ditaklukan pihak lain.

Selain itu, kemenangan itu juga akan membuat kemenangan mereka menjadi mutlak di Afghanistan.

Baca Juga: 'Mereka Akan Melakukan Penyiksaan,' Kisah Cinta Tentara Afghanistan dan Perawat AS Ini Sekarang Terpisah oleh Taliban