Find Us On Social Media :

Kisah Pembunuhan Presiden William McKinley di Depan Umum Inilah yang Sebabkan Terbentuknya Dinas Rahasia AS untuk Lindungi Jabatan Tertinggi Negara

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 3 September 2021 | 09:35 WIB

Pembunuhan Presiden William McKinley di depan publik.

Intisari-Online.com – Penembakan Presiden William McKinley di depan umum menjadi jerami yang mematahkan semangat pepatah Kongres.

Ini merupakan pembunuhan ketiga terhadap seorang Presiden AS yang sedang menjabat.

Kongres akhirnya dipaksa untuk mengakui bahwa mungkin mereka memiliki sedikit masalah keamanan.

Untuk mengatasinya,  mereka beralih ke tim yang tidak mungkin.

Baca Juga: AS Akui Mengucurkan Dana dan Senjata kepada Mujahidin Afghanistan dengan Postingan CIA yang Membanggakan Peluncur Rudal FIM-92 Stinger di Tangan Gerilyawan Cikal Bakal Taliban

Ketika itu tanggal 5 September 1901, Presiden McKinley muncul untuk menyampaikan pidato di Pan-American Exposition, sebuah acara seperti Pameran Dunia yang diadakan di Buffalo, New York.

Sejumlah besar pengunjung datang untuk melihat presiden yang populer itu, yang baru saja memenangkan Perang Spanyol-Amerika.

Untuk menghormati kesempatan itu, penyelenggara acara merencanakan pertunjukan kembang api yang bertuliskan ‘Selamat Datang Presiden McKinley, Kepala Negara dan Kerajaan Kita”, di akhir pidatonya.

Keesokan harinya, McKinley kembali datang ke Pameran untuk menghadiri pertunjukan teater dan sesi temu-sapa, meskipun stafnya mengkhawatirkan kerentanan presiden dalam kerumunan seperti itu.

Baca Juga: Gedung Putih Diserbu Demonstran, Donald Trump sampai Harus Dilarikan ke Tempat yang Khusus Dirancang untuk Situasi Darurat Ini