Find Us On Social Media :

Jangan Dikira Cuma Pewangi dan Pewarna Hijau Makanan Saja, Coba Deh Minum Air Rebusan Daun Pandan Pagi dan Sore Hari, Rasakan Manfaatnya yang Tak Terduga Ini

By K. Tatik Wardayati, Kamis, 2 September 2021 | 10:50 WIB

Air rebusan daun pandan.

Intisari-Online.com – Apakah Anda memiliki tanaman daun pandan ini di pekarangan rumah Anda?

Mudah sekali sebenarnya menanam daun pandan ini, selain itu Anda pun bisa menggunakannya untuk masakan Anda bahkan menambah wangi pekarangan rumah Anda.

Mungkin Anda hanya tahu kalau daun pandan ini lebih sering digunakan untuk pewangi atau pewarna hijau alami saat membuat kue.

Aroma khas dari daun pandan ini makin terasa kuat ketika daunnya masih cukup segar atau agak kering.

Baca Juga: Ibu-ibu se-Indonesia Mesti Tahu Ini, Jangan Langsung Buang Kepala Udang Usai Bersihkan Makanan Laut Ini, Nyatanya Punya Manfaat untuk Tubuh!

Tidak hanya digunakan sebagai pengharum masakan atau kue, daun pandan juga digunakan sebagai sumber warna hijau makanan, selain daun suji.

Daun pandan juga digunakan sebagai hiasan penyajian makanan, juga sebagai bagian dalam rangkaian bunga di pesta perkawinan untuk mengharumkan ruangan.

Daun pandan termasuk jenis tumbuhan monoktil dari famili Pandanaceae.

Memiliki aroma wangi khas, daun pandan biasanya dipakai untuk masakan tradisional Indonesia dan negara-negara di Asia.

Baca Juga: Belum Terlambat Lakukan Sekarang Kalau Baru Tahu, Rutin Makan Bubur Beras Hitam di Pagi Hari, Rasakan Manfaatnya untuk Tubuh, Salah Satunya Bantu Turunkan Berat Badan