Find Us On Social Media :

Gara-gara Situasi di Afghanistan, Pengamat Ini Sebut China Sudah Siap-siap Mau Gempur Taiwan, 'Mumpung Amerika Lemah Dia Tidak Akan Datang'

By Maymunah Nasution, Sabtu, 21 Agustus 2021 | 18:38 WIB

Ilustrasi - Militer China melakukan pendaratan di Taiwan.

Intisari-online.com - China sudah menyiapkan serangan ke Taiwan setelah kejadian di Afghanistan.

Mengutip Express, hal itu disampaikan oleh Iain Duncan Smith bahwa penarikan pasukan barat dari Afghanistan dan pengambil alihan Taliban memiliki implikasi lebih luas bagi China.

China telah "didorong" oleh hasil perang di Afghanistan dengan Beijing kini menganggap AS dan Presiden Joe Biden lemah.

Anggota parlemen Tory memperingatkan bahwa China yang berani sekarang berusaha untuk memberikan tekanan pada Taiwan di tengah kekhawatiran invasi militer ke kantong pulau itu.

Baca Juga: Pantesan China Sumringah Gara-Gara Kemenangan Taliban, Rupanya Situasi Ini Dimanfaatkan Negeri Panda Untuk Membuat Amerika Makin Kena Mental Akibat Kegagalannya di Afghanistan

"China sekarang telah mengakui Taliban dan menteri luar negeri mereka bertemu dengan pemimpin Taliban dan oleh karena itu mereka ditempatkan dengan sangat baik untuk mendukung mereka, juga menarik bahwa Rusia berada di kapal yang sama.

"Sekarang China, segera setelah itu terjadi, sehari kemudian, Global Times ... yang merupakan corong Partai Komunis China ... Presiden Xi cukup banyak menulis editorial yang mengatakan bahwa mengawasi Taiwan ketika perang dimulai Amerika tidak datang.

“Jadi mereka sudah bersiap.

"Saya kira ada sekitar 10 atau 14 penerbangan di atas Taiwan hari ini dengan pesawat militer China," ujar Smith.

Baca Juga: Saigon 1975 vs Kabul 2021: Presiden Vietnam Selatan Waktu Itu Mendadak 'Lenyap Misterius' dan Semua Pihak Diam Seribu Bahasa, Kabur ke Taiwan?