Find Us On Social Media :

Ratusan Tahun Terkungkung Penjajahan, Sejarah Timor Leste Juga Dituangkan dalam Setiap Inci Kain Tradisionalnya, Begini Makna Setiap Warna yang Sering Digunakan

By Khaerunisa, Kamis, 19 Agustus 2021 | 15:55 WIB

Kain Tais, kain tradisional Timor Leste.

Intisari-Online.com - Kini Timor Leste merupakan negara merdeka dengan nama resmi Republik Demokratik Timor Leste (RDTL).

Timor Leste merdeka melalui referendum yang digelar pada 30 Agustus 1999.

Dengan hasil pemungutan suara yang menunjukkan mayoritas rakyat Timor Leste menginginkan kemerdekaan dan menolak integrasi dengan Indonesia itu, wilayah ini merdeka.

Kemerdekaan itu didapat Timor Leste setelah 24 tahun menjadi bagian wilayah Indonesia sebagai provinsi ke-27 Indonesia saat itu.

Baca Juga: Negaranya Boleh Termuda, Tapi Ternyata di Timor Leste Ditemukan Benda Tertua di Dunia Ini, Bukti Bagaimana Manusia Bertahan Hidup di Wilayah Itu Ribuan Tahun Lalu

Kemudian, kemerdekaannya diakui secara internasional pada 2002, menjadikan negara ini salah satu negara termuda di dunia.

Sebelum diinvasi Indonesia pada 1975, Timor Leste telah melalui ratusan tahun penjajahan oleh Portugis.

Bahkan, wilayah ini sempat menjadi medan pertempuran Pasukan Jepang dan Sekutu dalam Perang Dunia II.

Timor Leste pun jatuh ke tangan Jepang setelah Pasukan Sekutu dipukul mundur, berada dalam genggaman Jepang hingga Perang Dunia II berakhir.