Find Us On Social Media :

Cinta Mati pada Indonesia sampai Jadi Buronan PBB karena Kecam Kemerdekaan Timor Leste, Sosok Eurico Guterres Akhirnya Diperhatikan oleh Presiden Jokowi, Sampai Diganjar Penghargaan Ini

By Khaerunisa, Kamis, 12 Agustus 2021 | 20:20 WIB

Eurico Gutteres, pemimpin milisi Timor Leste yang Pro Indonesia

Intisari-Online.com - Bintang Jasa Utama dianugerahkan oleh Presiden Joko Widodo kepada Mantan Pejuang Timor-Timur Pro Indonesia, Eurico Guterres.

Pemberian tanda kehormatan itu berdasarkan Keputusan Presiden Indonesia Nomor 76, 77 dan 78 TK tahun 2021 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Mahaputra, Bintang Budaya Paramadharma dan Bintang Jasa.

Penganugerahan kepada Eurico Guterres digelar di Istana Negara dan disiarkan melalui YouTube Sekretariat Presiden pada Kamis (12/8/2021).

Selain Eurico, ada tiga orang lain yang mendapatkan penghargaan Bintang Jasa Utama, yaitu:

Baca Juga: 5 Fakta Timor Leste, Sejarah Bumi Lorosae dari Bekas Jajahan Portugis hingga Sengketa dengan Australia dan Merdeka dari Indonesia

- Almarhum Drs. H. Rusdi Sufl, akademisi dan pemelihara warisan sejarah dan budaya Aceh.

- Prof. Dr. Dr.h.c. mult. Goldammer, Johann Georg, Andreas, Direktur Global Fire Monitoring Center (GFMC), Max Planck Institute for Chemistry, Freiburg University; and Professor for Fire Ecology and Fire Management at Freiburg University, Germany.

- Dr. lshadi Sutopo Kartosaputro, M.Sc, Komisaris Transmedia.

Penghargaan ini diberikan atas jasa-jasa para tokoh tersebut sesuai ketentuan syarat khusus dalam rangka memperoleh tanda kehormatan Bintang Mahaputra, Bintang Budaya Paramadharma, dan Bintang Jasa sebagaimana diatur dalam undang-undang.