Find Us On Social Media :

Pantas Saja Data Kematian Makin Bertambah di Kelompok Ini, Rupanya Ini yang Sebabkan Kematian Akibat Covid-19 pada Usia Produktif, Satgas Jelaskan Hal Ini!

By K. Tatik Wardayati, Jumat, 6 Agustus 2021 | 08:00 WIB

(Ilustrasi) Covid-19 belum usai

Intisari-Online.com – Sudah hampir satu setengah tahun negara kita juga mengalami pandemi virus corona.

Hingga hari ini sudah banyak pula kematian yang disebabkan virus Covid-19 ini.

Wiku Adisasmito, Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19, memaparkan penyebab kematian pada pasien Covid-19 yang didominasi usia produktif.

Menurut Widi, kondisi tersebut tak lepas dari meningkatnya kasus positif Covid-19 di kelompok usia tersebut.

Baca Juga: Bagaikan Kabut di Otak Anda, Inilah Brain Fog yang Jadi Gejala Serius Long Covid, Bagaimana Cara Menyembuhkannya?

"Berdasarkan data dari Kementerian Kesehatan yang diolah oleh Satgas Covid-19, 46,7 persen kematian ini berasal dari populasi berusia di atas 60 tahun. Dan 36,7 persen dari usia 46-59 tahun serta 12,7 persen kematian dari usia 31-45 tahun," ujar Wiku dalam konferensi pers secara daring pada Kamis (5/8/2021).

"Adanya tren kematian pada kelompok usia produktif tersebut tidak terlepas dari adanya peningkatan kasus dari kelompok umur tersebut," kata dia.

Yang dimaksud dengan usia produktif menurut Badan Pusat Statistik (BPS), adalah mereka yang berusia antara 15 sampai 64 tahun.

Badan Kesehatan Dunia (WHO), menurut Wiku, telah mengidentifikasi varian delta Covid-19 di 132 negara dunia.

Baca Juga: Walaupun Tak Lagi Negara Menengah ke Atas, Ekonomi Indonesia Berhasil Tumbuh Terkuat Selama 17 Tahun Tepat di Tubir Resesi, Namun Covid-19 Masih Membayangi