Find Us On Social Media :

Iming-imingi Indonesia dengan Kunci Lawan Covid-19 Ini, AS Luncurkan Latihan Militer Gabungan Terbesar dengan Indonesia di Perairan Sengketa Ini

By Maymunah Nasution, Rabu, 4 Agustus 2021 | 14:43 WIB

Latihan gabungan TNI dan militer AS, Garuda Shield, diadakan kembali pada 1-14 Agustus di 3 tempat ini

Intisari-online.com - Indonesia dan Amerika Serikat melaksanakan latihan gabungan dengan lebih dari 4500 personil militer.

Latihan gabungan ini dilaksanakan full 2 minggu.

Analis menggarisbawahi niat kedua negara untuk mempertahankan ikatan pertahanan keduanya yang sudah kuat, bahkan walaupun Covid-19 menggila di Indonesia.

Mengutip SCMP, latihan datang di tengah upaya Washington untuk terlibat lebih dengan ASEAN melalui kunjungan regional oleh anggota kabinet senior Presiden Joe Biden.

Baca Juga: Dikenal Sebagai Militer Terkuat di Dunia dan Bawa Senjata Lengkap, Ratusan Tentara Amerika Mendadak Mendarat di Palembang, Apa yang Terjadi?

Namun Indonesia tidak termasuk negara yang dikunjungi para pejabat ini, sebuah keputusan yang disebut beberapa media dalam negeri sebagai "penghinaan".

Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin yang mengunjungi 3 negara ASEAN telah mengunjungi Singapura, Filipina, dan Vietnam.

Di Manila ia disambut Presiden Rodrigo Duterte yang sepakat melanjutkan Perjanjian Pasukan Kunjungan yang memperbolehkan pasukan AS di Filipina untuk berlatih.

Keputusan tersebut telah memiliki dampak lebih besar karena Washington mencari cara melawan tumbuhnya pengaruh China di Laut China Selatan dan Filipina.

Baca Juga: 10.000 Tentara China dan Rusia Gelar Latihan Militer Besar-besaran, Dalam Rangka Apa?