Find Us On Social Media :

Lebih dari Tujuh Dekade, Satu Juta Tentara Jepang Selama Perang Dunia II Ini Masih Belum Ditemukan, yang Tersebar di Banyak Negara dan Seluruh Asia

By K. Tatik Wardayati, Senin, 26 Juli 2021 | 16:30 WIB

Tentara Jepang saat Perang Dunia II.

Intisari-Online.com – Satu juta tentara Jepang selama masa Perang Dunia II ini masih juga belum ditemukan hingga sekarang.

Perang Dunia II berakhir lebih dari 75 tahun yang lalu, tetapi tetap saja lebih dari satu juta tentara Jepang belum ditemukan.

Jenazah mereka tersebar dari Rusia, China, dan Mongolia, hingga Kepulauan Pasifik dan seluruh Asia.

Sayangnya, peninggalan agresi Jepang pada masa perang masih menghambat upaya pemulihan hingga saat ini.

Baca Juga: Tak Hilang Akal, Bahan Pembuat Kue Ini Jadi Alat Peledak Para Gerilya China Lawan Pasukan Tentara Jepang Selama Perang Dunia II, Bahkan Bisa Dimakan Kala Tak Ada Makanan Lagi

Yang menyedihkan adalah bahwa tidak mungkin sisa-sisa dari jutaan orang ini akan ditemukan, diidentifikasi, dan dikembalikan ke keluarga mereka untuk dimakamkan lebih bermartabat.

Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja, dan Kesejahteraan di Jepang bertanggung jawab atas dukungan keluarga yang berduka, dan mereka percaya bahwa hanya setengah dari jumlah orang hilang yang dapat diperoleh kembali.

Sisanya berada di dasar lautan, terkubur di tempat yang tidak dikenal, atau di daerah yang tidak stabil karena alasan politik atau keamanan.

Masalah semakin rumit, karena kenyataan bahwa kerabat bertambah tua dan meninggal.

Baca Juga: Inilah Kapal USS Johnston, Kapal yang Ditenggelamkan oleh Tentara Jepang Lewat Pertempuran Laut Terbesar dalam Sejarah dan Membinasakan Angkatan Laut Jepang Sepenuhnya