Find Us On Social Media :

Orangtuanya Pasti Kikuk Bukan Main, tapi Faktanya Pakar Malah Wajibkan Minimal 8 Kali Sehari, Ternyata Manfaat Memeluk Anak Memang Membekas Sepanjang Hidup si Kecil

By Ade S, Kamis, 22 Juli 2021 | 18:48 WIB

Manfaat memeluk anak yang tak terduga

Intisari-Online.com - Ketika Anda menyaksikan sebuah film atau sinetron dengan adegan melahirkan, umumnya Anda akan melihat bahwa dokter atau perawat akan membiarkan ibu menggendong bayinya.

Ya, tentu saja praktik tersebut sebenarnya tidak hanya terjadi di film atau sinetron, tapi juga di dunia nyata.

Namun, seiring bertambahnya usia anak, biasanya orang tua semakin jarang memberikan pelukan kepada anaknya.

Ada hal yang umum menjadi alasan, mulai dari anak yang sudah tidak mau dipeluk atau orang tua sendiri yang sudah merasa canggung untuk memeluk anaknya.

Baca Juga: Anak Melebih-lebihkan Cerita? Stop! Ingat, Jangan Pernah Abaikan 8 Perilaku Anak-anak Seperti Ini! Perhatian Buat Orangtua

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa 90 persen orang tua yang memiliki anak berusia di bawah 4 tahun memang masih sering memeluk anak mereka.

Namun, jumlah pelukan yang diberikan per hari akan berkurang secara drastisi seiring dengan bertambahnya usia anak.

Bahkan, ketika anak mencapai usia 10 hingga 12 tahun, hanya ada 74 persen ibu dan 50 persen ayah yang memeluk anak mereka.

Ketika anak memasuki usia remaja atau ABG, usia yang disebut paling rawan karena melibatkan pencarian identitas, jumlah pelukan tentunya akan semakin menurun secara drastis.

Baca Juga: Hati-hati, Larang Anak Laki-laki Menangis Seperti yang Dilakukan Raffi kepada Raftahar Berbahaya Bagi Mentalnya Ketika Dewasa