Find Us On Social Media :

Anak Anda Bicara Kotor? Ini Reaksi Terbaik Bagaimana Orangtua Menanggapinya

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 4 Desember 2019 | 12:00 WIB

Ini yang harus dilakukan oleh orangtua ketika anak-anak bicara kotor.

Intisari-Online.comOrangtua mana pun pasti akan terkejut ketika mendengar anaknya mengumpat atau mengucapkan kata-kata kotor.

Tapi ingat loh, jangan langsung memarahi anak-anak agar mereka tidak makin senang menggunakan kata-kata yang tidak sopan itu.

Lalu, apa yang harus dilakukan orangtua?

Para ahli mengatakan, usia 3-5 tahun adalah periode ketika anak mulai mengetahui bahasa yang kotor.

Baca Juga: Bukan Semata-mata Karena Canggung, Inilah Alasan Kenapa Sebagian Orang Kesulitan Menatap Mata Lawan Bicara Saat Berkomunikasi

Balita mendengar dan belajar sampai 9 kata baru setiap harinya, yang ia dengar dari televisi, percakapan orang di sekitarnya, orang asing di supermarket, dan sayangnya kata-kata makian dan kurang sopan juga termasuk.

Anak belajar bahwa kata-kata tersebut bisa memberi banyak emosi, walau ia sendiri sebenarnya tidak tahu artinya, sehingga ia mencoba memakai kata itu untuk melihat apa yang terjadi.

“Ketika anak menyadari kata-kata tertentu memiliki kekuatan karena memberikan respon tertentu, kata itu menjadi semakin menarik,” kata profesor bidang psikologi James Walsh.

Jika mendengar si kecil mengucapkan kata-kata baru yang tidak pantas diucapkan, berikut adalah respon yang sebaiknya kita berikan:

Baca Juga: Terapkan Teknik Firaun Kuno, Tukang Pijat Ini 'Bakar' Tubuh Klien untuk Berkomunikasi dengan Tubuh Manusia