Find Us On Social Media :

Dikenal sebagai Gembong Narkoba Terkaya di Dunia, Kemana Perginya Pundi-pundi Kekayaan Pablo Escobar setelah Dia Tewas oleh Peluru Panas Polisi Kolombia?

By Khaerunisa, Kamis, 8 Juli 2021 | 21:15 WIB

Pablo Escobar dan istrinya, Victoria Eugenia Henao.

Intisari-Online.com - Pablo Escobar merupakan gembong narkoba terkaya di dunia yang penuh dengan kontroversi.

Ia sempat masuk dalam daftar orang terkaya dunia selama 7 tahun berturut-turut dari tahun 1987 sampai 1993 di urutan ke-7.

Tentu kekayaannya bersumber dari aktivitas ilegal yang dilakukannya itu.

Pablo Escobar memimpin Kartel Medellin dari Kolombia yang memonopoli peredaran narkoba jenis kokain di Miami dan sejumlah kawasan di Amerika Latin.

Baca Juga: Nasib Berbeda Dialaminya, Inilah Carlos Lehder, Rekan Kejahatan Gembong Narkoba Terkaya di Dunia Pablo Escobar

Ia juga menguasai hingga 80 persen perdagangan narkoba global ketika berada di puncak kariernya.

Di sisi lain, ia dijuluki sebagai 'Robin Hood dari Kolombia' karena aksinya mendonorkan banyak uang untuk kepentingan sosial dan membagikannya kepada orang-orang miskin.

Kehidupan Pablo Escobar penuh dengan kontriversi, bahkan hingga ia dipenjara dan tewas dalam upaya pelariannya dari rencana ekstradisi oleh Pemerintah Kolombia.

Ia meninggal pada 2 Desember 1993, hanya satu hari setelah ulang tahunnya yang ke-44, di tangan Polisi Kolombia dalam baku tembak di atap Medellin. Lalu bagaimana dengan kekayaan yang dimilikinya?