Find Us On Social Media :

Kirsty Sword, Sosok Ibu Negara Timor Leste Pertama setelah Merdeka dari Indonesia, Bertemu Xanana Gusmao ketika Jadi Mata-mata di Jakarta

By Khaerunisa, Minggu, 27 Juni 2021 | 17:40 WIB

Presiden Pertama Timor Leste setelah merdeka dari Indonesia, Xanana Gusmao, dan ibu negara pertama Timor Leste, Kirsty Sword.

Intisari-Online.com - Kepemimpinan Timor Leste telah beberapa kali berganti sejak merdeka dari Indonesia.

Sejumlah presiden menjabat, yang artinya sudah ada sejumlah ibu negara di Timor Leste.

Tapi bagaimanapun, setiap sosok pertama punya tempat tersendiri, begitu pula sosok ibu negara pertama Timor Leste.

Dia adalah Kirsty Sword, seorang wanita kelahiran Melbourne, Australia, yang kemudian menjadi aktivis Australia-Timor Leste.

Baca Juga: Hukum Adat 'Nahe Biti,' Cara Cerdas Orang Timor Leste Menyelesaikan Konflik dan Membuka Komunikasi dengan Leluhur, Seperti Apa Prosesinya?

Pertemuannya dengan Xanana Gusmao, yang kemudian menjadi Presiden Pertama Timor Leste setelah kemerdekaannya dari Indonesia, juga tak lepas dari aktivitas Kirsty membela Bumi Lorosae.

Seperti diketahui, meski jatuh ke pangkuan Indonesia melalui invasi pada tahun 1975, namun perlawanan terus dilancarkan oleh rakat Timor Leste pro-kemerdekaan.

Perlawanan terus dilakukan, bahkan membuat Xanana Gusmao yang menjadi salah satu pejuang kemerdekaan, ditangkap dan dipenjara di Ibukota Jakarta.

Xanana Gusmao dipenjara sejak tahun 1992 hingga kemerdekaan Timor Leste diperoleh melalui Referendum pada 1999.