Find Us On Social Media :

‘Meninggal Bukan Karena Penyakitnya, Tapi Gara-gara Tidak Bisa Dirawat di RS’ Menkes Minta Kita Tekan Laju Penularan Virus Covid-19 dengan Stay at Home

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 23 Juni 2021 | 08:00 WIB

DKI Jakarta menjadi daerah yang memiliki kasus tertinggi Covid-19.

Intisari-Online.com – Menteri Kesehatan (Menkes) meminta kita untuk menekan laju penularan Covid-19 dengan stay at home.

Dalam menangani pandemi Covid-19, menurut Menkes Budi Gunadi Sadikin, yang paling utama adalah menekan laju penularan, bukan menghilangkan virusnya.

Kemungkinan penularan akan terus terjadi dalam waktu lama tetapi diharapkan tidak melebihi kapasitas pelayanan kesehatan.

"Tujuan akhir dari pandemi bukan menghilangkan virusnya. Virus itu bisa ada selama 10 tahun, 100 tahun, tapi yang penting buat kita, kita bisa mengontrol pandemi ini. Kalau bisa flattening the curve," ujar Budi dalam sesi wawancara virtual bersama Kompas, Selasa (22/6/2021) malam.

Baca Juga: Tembus 2 Juta Kasus Covid-19, Rekor Kasus Tertinggi di Indonesia Semenjak Pandemi Melanda, Inilah Provinsi dengan Jumlah Kasus Virus Corona Tinggi

"Biarkan virus ini menular, yang penting orang yang sakit ini tidak pernah lebih tinggi dari kapasitas RS," tegas Budi.

Dengan menggunakan penghitungan matematis, dia lantas mencontohkan.

Misalkan dari 100 persen yang terpapar Covid-19 sebanyak 80 persennya akan diisolasi dan dapat sembuh dengan sendirinya.

Lalu, sebanyak 20 persen akan masuk RS.

Baca Juga: Bikin 36 Orang Terkapar Usai Disuntik, Vaksin yang Jadi Andalan untuk Tangkal Varian Delta Ini Kini Malah Hanya Direkomendasikan untuk Lansia di Atas 60 Tahun