Find Us On Social Media :

Sejumlah Efek Samping setelah Vaksin Covid-19 Wajar Terjadi, Soal Mengatasinya dengan Konsumsi Obat Pereda Nyeri Ini Penjelasan Ahli

By Khaerunisa, Selasa, 22 Juni 2021 | 16:35 WIB

Ilustrasi vaksin.

Intisari-Online.com - Sebagian orang mengalami efek samping setelah mendapat vaksin Covid-19.

Telah banyak dijelaskan bahwa hal itu wajar terjadi, bahkan itu menandakan bahwa sistem kekebalan tubuh penerima vaksin sedang bekerja.

Salah satinya dijelaskan Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung Kementerian Kesehatan (Kemenkes) yang juga Juru Bicara Vaksinasi RI, dr Siti Nadia Tarmizi.

"Efek samping adalah reaksi tubuh terhadap stimulus vaksin untuk menimbulkan kekebalan tubuh kita," ujar Nadia saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (19/6/2021).

Baca Juga: Selamat Tinggal Kebebasan, Satu-Satunya Negara Paling Aman di Dunia Dari Covid-19 Ini, Kembali Terapkan Prokes Gara-Gara Munculnya Virus Corona Varian Delta

Beberapa efek samping yang wajar terjadi setelah vaksin yaitu seperti lengan sakit, demam, kekelahan, sakit kepala, mual, nyeri otot.

Meski beberapa orang bisa mengalami efek samping yang tidak umum seperti reaksi alergi, namun kebanyakan penerima vaksin hanya mengalami efek samping ringan.

Tapi bagaimanapun tentu efek samping ringan juga bisa mengganggu aktivitas seseorang.

Sehingga, saat mengalami efek samping vaksin Covid-19, mungkin Anda ingin mengonsumsi obat pereda sakit untuk mengatasinya.