Find Us On Social Media :

Sosok Ratius Murib Terduga Pemasok Senpi dan Amunisi ke KKB Papua Diamankan, Total yang Dikirim dan Diterima Mencapai Rp 1 Miliar

By Muflika Nur Fuaddah, Selasa, 15 Juni 2021 | 16:20 WIB

Ratius Murib atau Neson Murib, Penjual Senpi dan Amunisi ke KKB Puncak Jaya

Intisari-Online.com - Satgas Nemangkawi menangkap Ratius Murib alias Neson Murib yang diduga merupakan jaringan penjual senjata api (senpi) dan amunisi ke Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB), Puncak Jaya, Papua.

Menurut Iqbal, Neson Murib diketahui sudah melakukan sejumlah transaksi mencapai miliaran rupiah terkait dengan penjualan dan pembelian senpi beserta amunisinya.

Neson Murib diamankan ketika sedang transit di Bandara Mulia Kabupaten Puncak Jaya oleh anggota KP3 Bandara Mulia Polres Puncak Jaya.

Ketika itu, ia ingin menuju Kabupaten Timika.

Baca Juga: 1 Bulan Operasi TNI-Polri di Papua, 15 Anggota KKB Ditangkap dan 4 Tewas, Kenapa KKB Papua Sulit Diberantas?

Saat ditangkap, Neson kedapatan membawa uang sebanyak Rp 370 juta. Menurut Iqbal, diduga dana tersebut untuk membeli senjata api dari seseorang.

"Yang bersangkutan Neson Murib diduga jaringan penjual senjata api dan amunisi ke KKTB di Puncak Jaya," kata Kasatgas Humas Ops Nemangkawi Kombes M Iqbal Al-Qudusy dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Jakarta, Selasa (15/6/2021) sebagaimana dilansir Tribunnews.com.

"Total yang dikirim dan diterima Rp 1.393.100.000," ujar Iqbal.

Asal-usul Senjata KKB Papua

Baca Juga: 10 Fakta Mengejutkan Senjata Andalan KKB Papua, Sudah Bunuh 250.000 Orang Per Tahun Hingga Sering Ditenteng Osama Bin Laden