Find Us On Social Media :

Ada di Lambang Negara Timor Leste, Inilah Gunung Tatamailu yang Bantu Rakyat Timor Leste dari Masa Penjajahan hingga Invasi Indonesia, Kini Jadi Penghalang?

By Khaerunisa, Jumat, 11 Juni 2021 | 07:00 WIB

Gunung Tatamailu di Timor Leste.

Intisari-Online.com - Gunung Tatamailu, puncak tertinggi Timor Leste, menjadi inti dari lambang negara Timor Leste.

Pada lambang negara tersebut, Gunung Tatamailu yang dikenal juga sebagai Gunung Ramelau, diwakili segitiga berwarna hitam dengan dilapisi garis warna kuning dan merah.

Gunung Tatamailu punya peran penting dalam sejarah Timor Leste.

Dengan geografisnya yang sulit dengan wilayah pegunungannya, membantu Timor Leste dalam melewati masa penjajahan hingga invasi Indonesia.

Baca Juga: Langsung Tampil Bak Pahlawan, Ternyata Australia yang Beri Bantuan untuk Pembangunan Gedung Parlemen Timor Leste di Awal Kemerdekaan, padahal Begini Sejarah Masa Lalu Keduanya

Seperti diketahui, Timor Leste memiliki sejarah panjang penjajahan oleh bangsa lain sebelum akhirnya merdeka melalui referendum pada tahun 1999 dan secara resmi diakui internasional tahun 2002.

Bahkan, wilayah Timor Leste pernah menjadi medan pertempuran Perang Dunia II, di mana Pasukan Sekutu berperang melawan Jepang di sana.

Selain menjadi medan yang membantu selama menghadapi pertempuran dengan bangsa lain, geografis Timor Leste yang demikian juga menjadi sumber kekayaan alam negara muda ini.

Berharganya Gunung Tatamailu dan kondisi geografis wilayah ini pun disadari oleh rakyat Timor Leste sebagai sebuah anugerah. Namun, apakah selalu merupakan anugerah?