Find Us On Social Media :

Kirim Bantuan Besar-besaran ke Jalur Gaza, Warga Palestina Khawatir Mesir Berencana Kuasai Jalur Gaza Seperti yang Dulu Pernah Dilakukannya

By Tatik Ariyani, Rabu, 9 Juni 2021 | 12:52 WIB

Mesi kirim bantuan peralatan untuk bangun kembali Gaza

Intisari-Online.com - Puluhan buldoser, derek, dan truk milik Mesir memasuki Jalur Gaza Jumat lalu.

Hal itu telah membuat beberapa warga Palestina bertanya-tanya apakah Mesir berencana untuk kembali ke daerah kantong pantai yang diperintahnya antara tahun 1948 dan 1967.

Setelah pertempuran baru-baru ini antara Israel dan Hamas, Mesir memutuskan untuk mengirim peralatan bangunan dan insinyur ke Jalur Gaza dalam konteks janji Kairo untuk berkontribusi pada upaya rekonstruksi di sana.

Melansir The Jerusalem Post, Senin (7/6/2021), Presiden Mesir Abdel Fattah Sisi telah menjanjikan $500 juta (sekitar Rp7,1 triliun) untuk membantu membangun kembali rumah dan bangunan yang hancur selama pertempuran.

Baca Juga: Pantas Sampai Disebut 'Upaya Sinis', Langkah Israel Tolak Intervensi Kasus Sheikh Jarrah Nyatanya Bukan Demi Keadilan, Namun Demi Keuntungan Ini

Kehadiran tim konstruksi Mesir di Jalur Gaza berarti bahwa Hamas dan faksi Palestina lainnya tidak akan dapat melanjutkan serangan roket ke Israel, sumber-sumber Palestina mengatakan kepada The Jerusalem Post.

“Akan sulit bagi Hamas untuk memulai putaran lain pertempuran dengan Israel ketika ada banyak orang Mesir di dalam Jalur Gaza,” kata salah satu sumber.

“Jika Hamas atau Jihad Islam Palestina mulai menembakkan roket ke Israel sementara tim konstruksi Mesir bekerja di Jalur Gaza, kedua kelompok itu akan mendapat masalah dengan Mesir,” imbuh sumber tersebut.

Baca Juga: Mengapa Mesti Kunjungi Palestina? Ini 10 Alasannya, Termasuk Makanannya Enak dan Murah Serta Cuaca yang Mendukung