Find Us On Social Media :

Negara Timor Leste Dibentuk oleh Pengangkatan Garis Patahan Benua, Gunung Setinggi 2.000 Meter Saja Ada Fosil Lautnya!

By Muflika Nur Fuaddah, Rabu, 9 Juni 2021 | 12:30 WIB

ilustrasi penduduk negara Timor Leste

Intisari-Online.com - Negara Timor Leste terletak 400km utara Australia, melintasi Laut Timor, dan di Kepulauan Sunda Kecil di ujung timur kepulauan Indonesia.

Dibentuk oleh pengangkatan benua di sepanjang garis patahan utama, keadaan negara Timor Leste cukup terjal dengan tulang punggung pegunungan yang menjulang hingga lebih dari 2.000 m.

Puncak tertingginya memiliki fosil laut dan daerah berhutan penuh dengan gua.

Hampir setengah dari 15.000 sq/km tanah Timor Leste memiliki kemiringan 40 derajat atau lebih.

Baca Juga: Konflik Indonesia-Timor Leste Telah Mereda 22 Tahun Lalu, TNI Malah Terima 23 Senjata Api dan 2 Geranat di Perbatasan Timor Leste-Indonesia, Rupanya Sisa-Sisa Konflik 1999 Ini Sumbernya

Hal ini membuat pemandangannya indah tetapi sangat sulit untuk pembangunan jalan dan penanaman.

Medan yang curam dikombinasikan dengan curah hujan yang tidak konsisten dan berbatu, tanah kapur menjadi tantangan bagi para petani.

Daerah di sebelah barat Baucau dan di sekitar Lospalos dan Maliana merupakan dataran tinggi bergulung yang penting untuk pertanian.

Di sisi selatan Timor Leste, dataran pantai memiliki lebar 20-30 km, sedangkan di utara jauh lebih sempit dengan banyak bentangan pegunungan yang langsung ke laut.

Baca Juga: ‘Kemerdekaan Dimenangkan dengan Darah dan Air Mata’ Refleksi Perjuangan Kemerdekaan Timor Leste Terhadap Kehidupan Tiga Generasi Ini di Australia