Find Us On Social Media :

‘Seseorang Perlu Melakukannya, Itu Saja’ Kisah Gino Bartali, Pesepeda yang Bantu 800 Orang Yahudi Larikan Diri dari Italia pada Perang Dunia II

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 9 Juni 2021 | 12:25 WIB

Gino Bartali

Intisari-Online.com – Kisah Gino Bartali, pesepeda yang membantu ratusan orang Yahudi melarikan diri dari Italia pada Perang Dunia II.

Salah satu tokoh olahraga paling menonjol dari periode sebelum Perang Dunia II dan orang yang mengangkat sepeda menjadi olahraga nasional di Italia adalah Gino Bartali.

Setelah memenangkan Giro d'Italia dua kali (1936, 1937) dan Tour de France pada tahun 1938, Bartali dipuja oleh publik Italia dan dirayakan oleh negarawannya.

Pada tahun-tahun sebelum Perang Dunia Kedua, kejayaan Bartoli dimanfaatkan oleh pemerintahan fasis Benito Mussolini menjadi kebanggaan nasiona, meskipun pengendara sepeda tidak pernah peduli dengan politik.

Baca Juga: Begini Cara Kekaisaran Napoleon Memberdayakan Komunitas Yahudi Eropa, Salah Satunya Berikan Pengakuan Hukum pada Komunitas Tersebut

Pada tahun 1943, Italia hampir menjadi mangsa invasi Sekutu, tetapi kekalahan total ditunda dengan bantuan intervensi Jerman dan proklamasi Republik Sosial Italia.

Ketika politik internal Italia menjadi tergantung pada kehadiran Jerman, orang-orang Yahudi yang tertinggal di negara itu menghadapi gelombang deportasi.

Meskipun anti-semitisme tidak begitu eksplisit di Italia, seperti di Jerman, undang-undang rasial yang diperkenalkan pada periode antara 1938 dan 1943 memang sesuai dengan Solusi Akhir.

Bartali memegang status selebriti selama perang tetapi diam-diam menentang rezim.

Baca Juga: Boroknya Mulai Tercium ke Penjuru Israel, Tak Hanya Pejabat Rakyat Israel Juga Serukan Lengsernya Benjamin Netanyahu, Terkuak Ini Dosanya pada Negeri Yahudi Tersebut