Find Us On Social Media :

Terkuak Bagaimana Roket 'Buatan Tangan' Hamas Bisa Hancurkan Iron Dome Israel Sampai Israel Hampir Ledakkan Seluruh Gaza untuk Menghentikannya

By Maymunah Nasution, Minggu, 6 Juni 2021 | 11:59 WIB

roket Hamas Badr-3 yang jadi senjata utama menghancurkan Iron Dome Israel ternyata dibuat dengan bantuan negara ini

Intisari-online.com - Konflik 11 hari di Gaza antara Israel dengan militan Hamas yang berakhir dengan gencatan senjata itu sudah membuat seluruh dunia ketar-ketir.

Sebagai konflik paling lawas sepanjang sejarah kehidupan umat manusia, penyelesaian masalah Israel-Palestina sampai sekarang belum tercapai.

Israel terus membombardir Jalur Gaza yang dihuni warga Palestina dan dikuasai oleh Hamas, sebagai langkah yang awalnya dikira ingin mengalahkan para pejuang Hamas.

Namun ternyata ada masalah lebih pelik bagi Israel tentang kekuatan yang dihimpun Hamas.

Baca Juga: 'Israel Negara yang Lemah', Pemimpin Hamas Yakin Pertempuran Israel-Hamas Berikutnya akan Mengubah Bentuk Timur Tengah

Hamas bisa terus kalahkan Israel meski perbandingan kekuatannya sedikit tidak seimbang karena Hamas memiliki sistem terowongan bawah tanah sepanjang 100 kilometer di Gaza.

Sistem terowongan yang dinamakan Metro tersebut sudah dibangun Hamas sejak Hamas menguasai Gaza di tahun 2006 lalu.

Terowongan itu menjadi tempat Hamas menghimpun kekuatan, yaitu menyimpan senjata-senjata roket sekaligus menjadi tempat Hamas meluncurkannya sekaligus dalam satu waktu.

Ketika berkaitan dengan Hamas, keputusan menyerang sistem terowongan Metro didasarkan pada kampanye yang dikaitkan dengan ancaman Hamas lainnya.

Baca Juga: Bukan Untuk Hancurkan Pasukan Hamas, Serangan 11 Hari Israel ke Gaza Rupanya Berambisi Hancurkan Kota Bawah Tanah Hamas yang Simpan Senjata Canggih Ini