Find Us On Social Media :

Dilatar Belakangi Kebencian yang Sama Terhadap Umat Muslim, Beginilah 'Pertemanan' Zionis dan India Terbentuk

By Maymunah Nasution, Sabtu, 29 Mei 2021 | 07:18 WIB

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu dan Perdana Menteri India Narendra Modi yang bersahabat karena 'musuh' yang serupa ini

Intisari-online.com - Israel dan India memiliki sejarah modern yang mirip, keduanya terjebak dalam kolonialisme Inggris yang mengerikan.

Pejabat kolonial menerapkan trik "memecah dan menguasai": membuat suku-suku atau kelompok agama melawan satu sama lain untuk mempertahankan konflik dalam kelompok yang mencegah bersatu melawan musuh kolonial yang sama.

Melansir dari TRT World, sejarahnya setelah Perang Dunia Kedua, Inggris memulihkan diri dari perang, Eropa pun lumpuh.

Ekonomi melemah sehingga negara-negara Eropa melepaskan koloni mereka.

Baca Juga: 'Di Israel Mereka Kini Memiliki Tempat Teratas', Jenderal Zionis Akhirnya Akui Hamas Telah Mencapai Keberhasilan yang Tak Pernah Terbayangkan Sebelumnya

Penarikan Inggris menuntun kepada perang dan pembantaian massal di Israel tahun 1948 dan pembantaian antar agama di India tahun 1947.

Jutaan umat Hindu dan Muslim diusir dari tanah mereka selama Partisi, dan di banyak kasus mereka dipaksa pindah ke negara yang sama sekali tidak mereka kenali.

Sementara di Israel, jutaan warga asli Palestina dibersihkan dari 400 desa, sebagian besar tetap ditinggalkan sampai saat ini, melarikan diri ke Suriah, Lebanon, Yordania, Tepi Barat dan Gaza, menjadi pengungsi permanen.

Sampai saat ini mereka tidak mendapatkan kewarganegaraan.

Baca Juga: Dijuluki 'Martir untuk Perdamaian', Inilah Yitzhak Rabin, PM Israel yang Kematiannya Justru Ditangisi Bangsa Arab, Meski Kebengisannya Lahirkan Intifadah Pertama