Find Us On Social Media :

Lebih Dari Latar Belakang Seagama, Inilah Mengapa Indonesia Aktif Bela Hak-hak Palestina dengan Kearifan Lokal

By Maymunah Nasution, Kamis, 27 Mei 2021 | 17:47 WIB

DKI Jakarta Dukung Warga Gaza Lewat Lampu JPO yang Berwarna Bendera Palestina

Intisari-online.com - Isu Israel-Palestina telah lama menjadi poin utama pandangan dunia Jakarta, tapi dengan batasan-batasan lokal tertentu.

Johannes Nugroho, reporter untuk Lowy Institute, menuliskan mengapa Indonesia terlibat aktif dalam membela Palestina terutama di media sosial.

Debat publik Indonesia atas isu hak Palestina muncul kembali oleh ketegangan terakhir kemarin, yang menewaskan 243 nyawa di Gaza dan 12 di Israel sebelum gencatan senjata.

Media sosial dipenuhi animo dukungan Palestina.

Baca Juga: Jadi Satu-satunya Negara Eropa yang Dukung Palestina, Ini Alasan Irlandia Selalu Dukung Palestina Merdeka

Hal ini wajar mengingat sebagian besar warga Indonesia, 86.7% beragama Muslim, dan kesamaan agama menguatkan dukungan ini.

15 Mei kemarin, Presiden Jokowi menegaskan kecaman kuat Indonesia untuk Israel.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menggemakan sentimen itu, menyatakan: "Warga Palestina pantas mendapatkan keadilan. Dan kutekankan jika Indonesia akan melanjutkan mendukung perjuangan warga Palestina."

Retorika ini sejalan dengan kampanye Jokowi saat ia mencalonkan diri jadi Presiden tahun 2014 lalu untuk mendukung Palestina.

Baca Juga: Malu Melihat Banyak Rakyat India Dukung Israel Karena Aniaya Umat Muslim, Duta Besar India di Oman Angkat Suara Ungkap Fakta Sebenarnya Ini