Find Us On Social Media :

Kutub Utara Jadi Rebutan, Diam-diam Amerika, Rusia dan China Kirim Kapal Perang ke Sana, Incar Harta Menjanjikan Ini

By Maymunah Nasution, Rabu, 26 Mei 2021 | 16:35 WIB

Kota Murmansk dan Teluk Kola, Rusia, yang kini semakin menjadi pangkalan militer Rusia yang baru

Intisari-online.com - Tahun lalu, di salah satu pangkalan udara paling utara di dunia, militer Rusia menaruh sketsa terakhir atas landasan yang cukup panjang dilintasi jet tempur dan pesawat bomber.

Sentuhan terakhir untuk pangkalan udara Nagurskoye, terletak di kepulauan es besar di Samudra Arktika, mengubah hangar jet tempur usang Soviet menjadi salah satu pos militer paling canggih Rusia.

Tempat itu kini berfungsi memenuhi ambisi Kremlin di Arktika yang kaya raya.

Pangkalan-pangkalan itu dikombinasi menjadi distrik militer baru Januari kemarin di bawah komando Armada Utara, angkatan laut Arktika milik Rusia.

Baca Juga: Bahaya Terjebak di Bawah Es, Ekspedisi Kapal Selam ke Kutub Utara dan Kembali Lagi, Gunakan Linggis Baja Besar untuk Bersihkan Gumpalan Es dari Menara Komando

Armada tersebut memiliki pangkalan di Teluk Kola, dekat dengan kota Murmansk, Arktika, 800 mil dari Nagurskoye.

Pesawat perang Rusia MiG-31 telah mendarat di Nagurskoye sejak tahun lalu, dan distrik militer baru menerima armada Su-34.

Melansir Wall Street Journal, tujuannya adalah memproyeksikan kekuatan Rusia di wilayah yang Washington inginkan.

Jet tempur terbang dari Nagurskoye dapat mencapai pangkalan militer paling utara AS di Thule, Greenland, dalam 1 jam saja.

Baca Juga: Lupakan Soal Perang, Perubahan Alam di Kutub Ini Dianggap Lebih Berbahaya dan Bisa Memusnahkan Banyak Negara Jika Terus Terjadi, Diprediksi 40 Persen Populasi Dunai Bisa Musnah