Penulis
Intisari-Online.com – Kalau Anda tinggal di Indonesia kemudian berada di padang salju, mungkin Anda akan merasa senang dan hanya merasakan dingin.
Tetapi, apa kesan pertama ketika berada di padang es yang tak terbatas itu?
Tidak ada apa-apa, memang tidak ada apa-apa, selain labirin datar dari es yang mengapung ke segala arah.
Angkatan Laut selama berabad-abad tertarik untuk beroperasi dengan kondisi Arktika .
Entah untuk mencari jalur barat laut atau mempertahankan jalur suplai ke Uni Soviet selama Perang Dunia II, selalu ada keinginan dan kebutuhan dari mereka yang mengapung untuk menaklukkan Kutub Utara yang beku.
Kapal yang mengapung di permukaan telah mencoba, dan pasti gagal, untuk mencapai garis lintang tertinggi.
Tetapi setelah adanya kapal selam, orang-orang mulai membayangkan, mungkin saja Kutub Utara bisa dicapai dari bawah permukaan.
Baru pada abad ke-20 gagasan ini menjadi sebuah kenyataan praktis.
Mengoperasikan kapal selam di bawah lapisan es kutub mungkin sederhana dalam konsep, tetapi ini sangat berbahaya.
Es di bawahnya tidak rata dan sering kali sangat tebal.
Pada masa-masa awal kapal selam, tidak ada sistem sonar yang dapat mendeteksi keberadaan tempat di es itu berkaitan dengan kapal.
Jadi jika ada keadaan darurat yang membutuhkan permukaan darurat, kemungkinan besar kapal selam itu akan menabrak es dengan dahsyat.
Pada tahun 1930-an, teknologi telah cukup berkembang untuk mewujudkan impian operasi kapal selam kutub, meskipun masih berbahaya.
Pada Agustus 1931, ekspedisi kapal selam pertama yang beroperasi di Kutub Utara diluncurkan.
Penjelajah dan ahli geologi Australia Sir Hubert Wilkens memperoleh kapal selam O-12 dari Angkatan Laut AS dan menamainya sebagai Nautilus.
Desain baru kapal selam itu khusus untuk operasi es, lengkap dengan tabung pelepasan yang diatasnya dipasang gergaji untuk memotong bongkahan es dan probe mekanis untuk mengukur kedalaman kapal relatif terhadap es.
Namun, kedua peralatan itu belum sepenuhnya diuji.
Tetapi akhirnya ekspedisi itu terhenti oleh kapal selam yang rusak.
Tetap saja, kapal selam itu berhasil ‘melayang’ di bawah es, bahkan mencapai 82 derajat utara.
Jelas bahwa dengan teknologi yang ditingkatkan, kapal selam dapat mencapai Kutub.
Ekspedisi kapal selam ke kutub berikutnya adalah Operasi Nanook Angkatan Laut AS pada tahun 1946.
Meskipun misi tersebut tidak dimaksudkan secar khusus untuk mencapai Kutub Utara, namun kontribusinya signifikan terhadap pengembangan operasi angkatan laut Arktik.
Peralatan baru telah diuji, dan peralatan yang terdengar seperti es ditingkatkan yang memungkinkan momen penting dalam sejarah kapal selam 12 tahun kemudian.
Pada tahun 1958, kapal selam bertenaga nuklir pertama Angkatan Laut AS, juga bernama Nautilus, diberi kode misi rahasia bernama "Operation Sunshine". Tujuannya adalah mencapai Kutub Utara.
Kapal selam meninggalkan Pearl Harbor pada 23 Juli 1958 dan berlayar ke Selat Bering.
Dari sana, Komandan William R. Anderson memberi perintah untuk menyelam dan menuju Selat Fram, melintasi Kutub dalam perjalanan.
Seratus enam belas orang berlayar ke perairan yang tidak diketahui sampai pukul 11.15 malam.
Pada 3 Agustus 1958, Anderson mengumumkan kepada krunya, "Untuk dunia, negara kita, dan Angkatan Laut, Kutub Utara".
Misi rahasia mereka tidak terlalu rahasia.
Untuk akta tersebut, kapal selam menerima Kutipan Unit Presiden masa damai pertama.
Kapal selam Nautilus diarak di New York City dengan parade pita ticker. Seorang kru teringat perasaan seperti bintang rock.
Saat ini, Nautilus telah diawetkan di Submarine Force Museum di Groton, Connecticut.
Beberapa bulan kemudian, Angkatan Laut AS membuat tanda lain pada sejarah angkatan laut.
Pada 17 Maret 1959, kapal selam U.S.S. Skate berhasil muncul ke permukaan melalui celah di es di Kutub Utara.
Itu adalah momen yang menakutkan karena kapal selam harus ‘berantem’ di antara gumpalan es yang bisa dengan mudah menenggelamkan pesawat.
James F. Calvert, komandan Skate, merasa lega ketika kapalnya muncul dengan selamat. Dia kemudian keluar dari kapal selam.
Belakangan, Calvert mengingat kekaguman saat itu.
“Kesan pertama berada di gurun es yang tak terbatas…. Tidak ada apa-apa selain labirin datar dari es yang mengapung ke segala arah. Tepat di depan kami, lambung kapal selam hitam yang ramping kontras dengan birunya air danau yang tenang dan es di sekitarnya. "
Dia dan krunya segera bertemu dengan beruang kutub, yang mungkin belum pernah melihat kapal selam bertenaga nuklir sebelumnya.
Kru Skate mengibarkan bendera Amerika dan menyebarkan abu Sir Hubert Wilkens ke dalam angin Kutub Utara.
Dalam dekade berikutnya, negara-negara lain mengikutinya, yaitu Uni Soviet pada tahun 1962 dan Inggris pada tahun 1971.
Pada awal abad ke-21, lapisan es yang surut telah menyebabkan munculnya saluran air baru dan akses ke sumber daya, menempatkan wilayah tersebut ke dalam geopolitik yang lebih besar maknanya.
Operasi gabungan yang diorganisir oleh Angkatan Laut Amerika Serikat telah menjadi kegiatan dua tahunan.
Dijuluki ICEX, latihan lima minggu ini menampilkan pengujian senjata di bawah es, pengumpulan data ilmiah, dan operasi penyelaman.
Latihan 2018 dilakukan di markas sementara bernama Camp Skate.
Pangkalan tersebut, memiliki rasa multinasional dengan perwakilan dari beberapa negara NATO, berisi dapur, ruang medis, toilet, dan penyimpanan hangat untuk barang-barang yang tidak dapat terpapar ke lingkungan kutub.
Pangkalan tersebut juga dilengkapi dengan tempat berlindung selam.
Menyelam mungkin yang paling menghukum dari semua latihan Arktik.
Dalam operasi 2018, penyelam dari Mobile Diving and Salvage Unit Two, Underwater Construction Team One, dan Coast Guard menyelam di bawah es untuk memulihkan torpedo pelatihan yang berisi data pengujian penting.
Para penyelam dilatih secara khusus untuk pekerjaan tersebut karena suhu es dan air, yang hanya di bawah 29 derajat, membuatnya sangat berbahaya.
Tapi puncak dari ICEX adalah sensasi menyaksikan kapal selam serangan cepat kelas Los Angeles dan kelas Seawolf yang besar muncul melalui bidang es yang sunyi.
Video dari acara tersebut sangat populer dan mengungkapkan bahwa beberapa tugas pemeliharaan cuaca dingin, seperti mengikis es dari kendaraan Anda, adalah hal yang umum bagi kapal selam dan pinggiran kota.
Tetapi alih-alih pengikis es plastik, seperti yang mungkin Anda gunakan pada mobil Anda, kru kapal selam ini menggunakan linggis baja besar untuk membersihkan es dari menara komando mereka.
Ingin mendapatkan informasi lebih lengkap tentang panduan gaya hidup sehat dan kualitas hidup yang lebih baik? Langsung saja berlangganan Majalah Intisari. Tinggal klik di https://www.gridstore.id/brand/detail/27/intisari