Find Us On Social Media :

Belajar dari Sejarah Bagaimana Kapal Selam Hilang Hitemukan, Inilah kisah USS Thresher, Kapal Selam AS yang Pernah Hilang Lalu Ditemukan di Samudera Atlantik, Begini Kondisinya saat Ditemukan

By Muflika Nur Fuaddah, Jumat, 23 April 2021 | 14:43 WIB

USS Thresher diluncurkan pada 9 Juli 1960

Intisari-Online.com - Pada 10 April 1963, USS Thresher, sebuah kapal selam atom, tenggelam di Samudra Atlantik, menewaskan seluruh awaknya.

Seratus dua puluh sembilan pelaut dan warga sipil hilang ketika kapal selam itu tiba-tiba jatuh ke dasar laut kira-kira 300 mil di lepas pantai New England.

USS Thresher diluncurkan pada 9 Juli 1960, dari Portsmouth Naval Yard di New Hampshire.

Dibangun dengan teknologi baru, ia merupakan kapal selam pertama yang dirakit sebagai bagian dari kelas baru yang bisa brlayar lebih tenang dan menyelam lebih dalam dari yang pernah ada sebelumnya.

Baca Juga: Sudah Beroperasi Selama Empat Puluh Tahun, Inilah Sepak Terjang KRI Nanggala 402, Begini Cerita Operasi Sunyi Mereka yang Jauh dari Perhatian Kawan Maupun Lawan Meski Begitu Membanggakan Indonesia

Pada 10 April 1963, tepat sebelum jam 8 pagi, kapal sedang melakukan latihan di lepas pantai Cape Cod.

Pada 9:13 pagi, USS Skylark, kapal lain yang juga ikut latihan, menerima komunikasi dari Thresher bahwa kapal selam itu mengalami masalah kecil.

Percobaan komunikasi lainnya gagal dan, hanya lima menit kemudian, gambar sonar menunjukkan USS Thresher pecah saat jatuh ke dasar laut.

Baca Juga: 'Diborong' Militer-militer Paling Kuat, Inilah 10 Kapal Selam Terbaik di Dunia!