Penulis
Intisari-Online.com -Tenggelamnya kapal selam Pakistan PNS Ghazi dengan 90 orang di dalamnya dalam perang Indo-Pak tahun 1971 dianggap sebagai salah satu poin tertinggi dari kemenangan militer pertama India yang tegas.
Pada tahun 1971, Komando Angkatan Laut Timur Angkatan Laut India di bawah kepemimpinan INS Vikrant, telah menciptakan blokade Angkatan Laut yang benar-benar mengisolasi Pakistan-Timur di Teluk Benggala.
Melansir The Enonomic Times, frustrasi dengan Blokade Angkatan Laut, Pakistan memutuskan untuk mengirim kapal selam terbaik dalam inventarisnya - PNS Ghazi.
PNS Ghazi ditugaskan dengan tujuan ganda.
Tujuan utamanya adalah menemukan dan menenggelamkan INS Vikrant dan yang kedua adalah meletakkan ranjau di pesisir timur India dengan atau tanpa mencapai tujuan utama.
Tanpa PNS Ghazi, angkatan laut Pakistan tidak dapat mengganggu operasi Vikrant di Pakistan Timur.
Sangat berisiko mengirim kapal selam tua sepenuhnya di sekitar anak benua untuk menyerang kapal utama musuh di perairan wilayahnya.
Selain itu, Ghazi pada saat itu mengalami kerusakan peralatan rutin dan fasilitas pemeliharaan di Chittagong buruk.
Mengesampingkan kondisi tersebut, PNS Ghazi diam-diam berlayar keluar dari Pelabuhan Karachi pada 14 November 1971.
Sementara itu, berlayar ke tempat yang aman, Krishnan mengikatkan diri di INS Rajput, sebuah kapal perusak PD II yang sudah tua yang sebenarnya dikirim ke Vishakapatnam untuk dinonaktifkan.
INS Rajput akan berpura-pura menjadi INS Vikrant, berlayar keluar dari pelabuhan Vizag dan menghasilkan lalu lintas nirkabel yang padat.
Angkatan Laut India sengaja membobol keamanan dengan membuat sinyal tidak rahasia dalam bentuk Telegram pribadi yang diduga dari salah satu pelaut Vikrant yang menanyakan tentang kesejahteraan ibunya yang "sakit parah".
Ghazi mulai mencari Vikrant pada 23 November di luar Madras tetapi tidak menyadari bahwa dia terlambat 10 hari dan Vikrant sebenarnya berada di suatu tempat di dekat pulau Andaman.
Wakil Laksamana Krishnan memanggil Letnan Inder Singh, Komandan Rajput untuk penjelasan rinci dan memberitahunya bahwa sebuah kapal selam Pakistan telah terlihat dari Ceylon dan sangat yakin bahwa kapal selam itu akan berada di suatu tempat di sekitar Madras/Vishakaptanm.
Dia menjelaskan bahwa setelah Rajput selesai mengisi bahan bakar, dia harus meninggalkan pelabuhan dengan semua alat bantu navigasi dimatikan.
INS Rajput berlayar keluar pada tanggal 2 Desember dan kembali ke Vishakapatnam pada tanggal 3 Desember dan kembali berlayar dengan seorang pilot di atas kapal, tepat sebelum tengah malam tanggal 3/4 Desember dan saat membersihkan pelabuhan, melanjutkan perjalanan di sepanjang saluran masuk yang sempit.
Ketika kapal berada di tengah alur, tiba-tiba terpikir oleh Kapten bahwa "Bagaimana jika kapal selam Pakistan sedang menunggu di luar pelabuhan dan menembakkan torpedo ke arah kami saat kami menurunkan pilot yang ada di kapal, di Pelampung Saluran Luar?" Dia segera memerintahkan untuk menghentikan mesin dan menurunkan pilot.
Sementara itu, Ghazi yang tidak dapat menemukan INS Vikrant di sekitar Vishakapatnam melanjutkan peletakan ranjau pada malam 3 Desember ketika Pakistan mengisyaratkan dimulainya permusuhan.
Ghazi datang ke kedalaman periskop untuk menetapkan posisi angkatan lautnya yang menjadi sangat sulit karena pemadaman listrik dan pemadaman semua alat bantu navigasi.
Rajput perlahan meningkatkan kecepatan hingga maksimum pada saat mencapai pelampung saluran Luar.
Pada titik ini, Ghazi melihat atau mendengar kapal perusak mendekatinya dengan kecepatan tinggi dengan arah yang hampir timbal balik dan terjun ke dalam jurang terjal dan pada saat yang sama membanting kemudi keras-keras untuk melarikan diri ke laut.
Kapten Kapal Perusak Rajput memperhatikan gangguan air yang disebabkan oleh penyelaman yang tergesa-gesa dan meluncurkan dua muatan kedalaman pada posisi itu.
Tuduhan mengatakan muatan itu menghantam kapal selam yang sudah menukik tajam yang menyebabkan Ghazi menghantam dasar laut dengan keras saat mendarat.
Api menyebar ke tempat ranjau dan torpedo disimpan, kemudian meledakkan lambung depan ke luar.
Mungkin juga ledakan muatan tersebut memicu ranjau yang disimpan dalam keadaan siap di dekat tabung torpedo. Ini adalah versi Angkatan Laut India.
Saat lampu di darat padam, PNS Ghazi mungkin salah menilai posisinya dan kembali ke ladang ranjaunya sendiri sekitar tengah malam; sekitar 10-15 menit sebelum pengisian kedalaman INS Rajput.
Dengan demikian, ledakan ranjau yang tidak disengaja itulah yang menghancurkan Ghazi dan bukan bom kedalaman INS Rajput.
Banyak teori muncul sejak itu dan terungkap bahwa otoritas angkatan laut juga menghancurkan catatan tenggelamnya Ghazi.
Apa pun yang menyebabkan Ghazi meledak, kecerdikan Angkatan Laut India dan perencanaan yang menipu yang menyebabkan kapal selam mengikuti jalur yang telah ditentukan dan berakhir di kuburan air bagi para pelautnya.