Find Us On Social Media :

Kisah Tenggelamnya Kapal Selam Pakistan PNS Ghazi yang Jadi Kunci Kemenangan India dalam Perang, Masuk Perangkap dan Meledak di Dalam Laut

By Tatik Ariyani, Jumat, 23 April 2021 | 12:01 WIB

PNS Ghazi

Intisari-Online.com - Tenggelamnya kapal selam Pakistan PNS Ghazi dengan 90 orang di dalamnya dalam perang Indo-Pak tahun 1971 dianggap sebagai salah satu poin tertinggi dari kemenangan militer pertama India yang tegas.

Pada tahun 1971, Komando Angkatan Laut Timur Angkatan Laut India di bawah kepemimpinan INS Vikrant, telah menciptakan blokade Angkatan Laut yang benar-benar mengisolasi Pakistan-Timur di Teluk Benggala.

Melansir The Enonomic Times, frustrasi dengan Blokade Angkatan Laut, Pakistan memutuskan untuk mengirim kapal selam terbaik dalam inventarisnya - PNS Ghazi.

PNS Ghazi ditugaskan dengan tujuan ganda.

Baca Juga: Bak Sudah Mendapat Firasat, Begini Pengakuan Istri Serda Guntur, Kru KRI Nanggala yang Ikut Menghilang, Ternyata Sempat Berkata Begini Sebelum Berlayar

Tujuan utamanya adalah menemukan dan menenggelamkan INS Vikrant dan yang kedua adalah meletakkan ranjau di pesisir timur India dengan atau tanpa mencapai tujuan utama.

Tanpa PNS Ghazi, angkatan laut Pakistan tidak dapat mengganggu operasi Vikrant di Pakistan Timur.

Sangat berisiko mengirim kapal selam tua sepenuhnya di sekitar anak benua untuk menyerang kapal utama musuh di perairan wilayahnya.

Selain itu, Ghazi pada saat itu mengalami kerusakan peralatan rutin dan fasilitas pemeliharaan di Chittagong buruk.

Baca Juga: KRI Nanggala Hilang Kontak, Rupanya Kapal Selam Indonesia Itu Disorot Media Vietnam Karena Senjatanya, Walau Mesin Tua Ternyata Inilah Deretan Senjata yang Dibawa Kapal Itu