Find Us On Social Media :

Inilah Alasan Mengapa Masjid Al Aqsa Begitu Penting, yang Jadi Rebutan Israel dan Palestina

By K. Tatik Wardayati, Rabu, 19 Mei 2021 | 10:30 WIB

Masjid Al Aqsa yang berada di Kota Tua Yerusalem.

Intisari-Online.com – Mengapa masjid Al Aqsa begitu penting, hingga disebut sebagai pemicu konflik Israel dan Palestina?

Masjid Al Aqsa menjadi situs penting dalam Islam, yang terletak di Kota Tua Yerusalem di Palestina. Namanya diterjemahkan secara harfiah sebagai 'Masjid Terjauh'.

Kompleks yang lebih luas termasuk Kubah Batu, tujuh belas gerbang dan empat menara, dan biasanya disebut sebagai al-Haram ash-Sharif, yang berarti 'Tempat Suci Mulia'.

Awalnya, bangunan itu dibangun sebagai rumah doa kecil, tetapi pada tahun 705 M dibangun kembali dan dibuat lebih besar oleh khalifah Umayyah Abd al-Malik dan putranya al-Walid.

Baca Juga: Misteri Sakhrah di Masjid Al Aqsa, Batu Pijakan Nabi Muhammad SAW Saat Mi’raj

Gempa bumi benar-benar menghancurkan masjid pada 746 dan lagi pada 1033, dan setiap kali masjid dibangun kembali.

Berbagai dinasti penguasa Khilafah Islam membangun tambahan pada masjid dan area sekitarnya, termasuk kubah, fasad, mimbar, menara masjid, dan bagian dalam masjid yang terkenal.

Selama Perang Salib, Yerusalem direbut pada tahun 1099 dan Masjid Al-Aqsa digunakan sebagai unit istana yang direbut kembali oleh Saladin, sultan pertama Mesir dan Suriah, pada tahun 1187.

Masjid tersebut terus mengalami renovasi dan penambahan atas perintah pemerintah. Dinasti Ayyubiyah (Mulsim-Kurdi), Mamluk Sulanate (mencakup Mesir, Levant dan Hijaz), kekaisaran Ottoman, Dewan Muslim Tertinggi, dan Yordania.

Baca Juga: Inilah Sejarah Masjid Al Aqsa, Sering Disalahartikan dengan Kubah Batu