Find Us On Social Media :

Misteri Masjid Al Aqsa, Pemicu Konflik Israel dan Palestina yang Bertahun-tahun Hening

By K. Tatik Wardayati, Selasa, 18 Mei 2021 | 11:25 WIB

Mesjid al-Aqsa

Intisari-Online.com – Misteri Masjid Al Aqsa jadi pemicu konflik Israel dan Palestina yang sudah bertahun-tahun dalam keheningan.

Tindakan polisi yang tidak terlalu memperhatikan di Yerusalem pada bulan lalu adalah salah satu dari beberapa insiden yang menyebabkan krisis saat ini.

Dua puluh tujuh hari sebelum roket pertama ditembakkan dari Gaza, satu regu petugas polisi Israel memasuki Masjid Aqsa di Yerusalem.

Mereka menepis petugas Palestina ke samping dan berjalan melintasi halaman batu kapurnya yang luas.

Baca Juga: Diklaim Jadi 1 dari 3 Tempat Paling Suci Bagi Umat Islam, Bagian Mana dari Kompleks Masjid Al-Aqsa Yerusalem yang Paling Disukai?

Kemudian mereka memotong kabel ke pengeras suara yang menyiarkan doa kepada umat beriman dari empat menara abad pertengahan.

Ketika itu malam tanggal 13 April, hari pertama bulan suci Ramadhan.

Hari itu juga merupakan Hari Peringatan di Israel, yang dilakukan untuk menghormati mereka yang tewas dalam pertempuran untuk negara.

Presiden Israel sedang menyampaikan pidato di Tembok Barat, sebuah situs suci Yahudi yang terletak di bawah masjid, dan para pejabat Israel khawatir shalat itu ‘menenggelamkan’.

Baca Juga: Sedang Dibombardir Polisi Israel, Inilah Kubah Batu, Mahakarya Arsitektur Islam yang Dianggap Suci Bagi Umat Muslim dan Yahudi, Semua Gegara Fakta Ini