Find Us On Social Media :

Korupsi Termasuk Tuduhan Junta Militer Myanmar terhadap Pemimpin yang Digulingkan, Nyatanya Myanmar Sejak Dulu Termasuk Negara Paling Korup di Dunia, Seperti Apa Korupsi di Negara Ini?

By Khaerunisa, Kamis, 29 April 2021 | 16:00 WIB

Ilustrasi - Aung San Suu Kyi, Militer Myanmar

Intisari-Online.com - Korupsi merupakan salah satu tuduhan yang dilayangkan junta militer terhadap pemimpin Myanmar yang digulingkan, Aung San Suu Kyi.

Selama ini, Myanmar sendiri merupakan salah satu negara paling korup di dunia.

Negara tersebut pernah menjadi negara paling korup kedua di dunia setelah Somalia pada 2010.

Sementara kini, Myanmar dikatakan telah menunjukkan peningkatan yang signifikan meski Indeks Persepsi Korupsinya masih sangat rendah.

Baca Juga: Di Salah Satu Negara Paling Korup di Dunia Ini Bukan Hanya Perekonomiannya yang Kacau, Keamanannya pun Mengerikan, Bahkan sebelum Pandemi Warganya Tak Leluasa Bepergian

Melansir bbc.com (11/3/2021), Penguasa militer Myanmar menuduh pemimpin yang digulingkan Aung San Suu Kyi secara ilegal menerima $ 600.000 dan 11kg emas.

Tuduhan itu adalah yang terkuat namun dilontarkan oleh militer sejak menggulingkan Suu Kyi dan kepemimpinan demokratis negara itu pada 1 Februari.

Tidak ada bukti yang diberikan, sementara seorang anggota parlemen dari partai Suu Kyi membantah tuduhan tersebut.

"Tidak jarang melihat fitnah terhadap politisi dan upaya untuk menghancurkan partai sementara anak muda yang tidak bersalah dibunuh di depan umum," kata Aye Ma Ma Myo kepada Reuters.