Find Us On Social Media :

Sejarah Timor Leste Pernah Diinvasi Indonesia di Era Orde Baru, Tak Disangka Begini Sosok Presiden Soeharto di Mata Tokoh Timor Leste Ini

By Khaerunisa, Minggu, 25 April 2021 | 21:25 WIB

(ilustrasi) Sejarah Timor Leste Pernah Diinvasi Indonesia di Era Orde Baru, Tak Disangka Begini Sosok Presiden Soeharto di Mata Tokoh Timor Leste Ini

Intisari-Online.com - Dalam sejarah Timor Leste, banyak pertumpahan darah terjadi salah satunya ketika wilayah tersebut diinvasi Indonesia tahun 1975.

Bagaimanapun masa-masa tersebut akan dikenang sebagai sejarah kelam oleh rakyat Timor Leste.

Terlebih, bertahun-tahun setelah invasi itu, pertumpahan darah masih terus terjadi dengan kelompok pro-kemerdekaan bertempur melawan pasukan Indonesia.

 

Selama 24 tahun pendudukan Timor Leste oleh Indonesia diyakini ribuanorang menjadi korban pendudukan Indonesia.

Baca Juga: Sejarah Timor Leste Diduduki Portugis Ratusan Tahun, Pantas Saja Bangsa Portugal Betah di Bumi Lorosae, Tak Ada yang Menandingi 'Emas Hijau' Timor Leste Ini

Konflik, kelaparan, hingga penyakit disebut merupakan hal melatarbelakangi keinginan Timor Leste untuk melepaskan diri dari Indonesia.

Invasi Timor Leste oleh Indonesia sendiri terjadi di masa pemerintahan Presiden ke-2 RI, Soeharto, atau dikenal sebagai era orde baru.

Keputusan Soeharto untuk menginvsi Timor Leste yang saat itu dikenal Timor Timur disebut mendapat dukungan dari Amerika Serikat. Hal ini terungkap melalui dokumen rahasia yang dirilis usai Timor Leste merdeka.

Kekhawatiran bahwa ideologi komunis dapat masuk ke Indonesia melalui Timor Leste dirasakan oleh AS maupun pemerintah Indonesia saat itu.