Find Us On Social Media :

Sejarah Timor Leste Diduduki Portugis Ratusan Tahun, Pantas Saja Bangsa Portugal Betah di Bumi Lorosae, Tak Ada yang Menandingi 'Emas Hijau' Timor Leste Ini

By Khaerunisa, Jumat, 23 April 2021 | 16:20 WIB

(ilustrasi) Sejarah Timor Leste Diduduki Portugis Ratusan Tahun, Pantas Saja Bangsa Portugal Betah di Bumi Lorosae, Tak Ada yang Menandingi 'Emas Hijau' Timor Leste Ini

Intisari-Online.com - Dalam sejarah Timor Leste, negara yang satu ini pernah merasakan penjajahan oleh Portugis selama ratusan tahun.

Sekitar tahun 1600-an, Bangsa Portugal datang ke wilayah berjuluk 'Bumi Lorosae' ini dan mendirikan pos perdagangan di sana.

Portugis menjadikannya sebagai sumber kayu cendana.

Timor Leste memang terkenal akan kekayaan kayu cendananya.

Baca Juga: Timor Leste Merdeka Melalui Referendum, Ternyata Papua Sempat Membahas Hal Ini pada Presiden, Namun Mustahil Dilakukan karena Hal Ini

Kayu cendana yang punya julukan 'Emas Hijau' itu dikenal memiliki harga yang tinggi.

Setiap pohon cendana yang berusia 20-30 tahun dapat bernilai puluhan juta. Namun, lebih istimwa lagi yang ada di Timor Leste.

Cendana putih yang dimiliki oleh Timor diduga merupakan tanaman asli wilayah Timor dan menjadi komoditas termahal pada abad ke-14.

Melansir Kompas.com, Cendana Pulau Timor dihargai sangat mahal dan menjadi komoditas spesial pada masa awal globalisasi dunia.