Find Us On Social Media :

Tetap Waspada! Indonesia Bersiap Antisipasi Masuknya Mutasi Baru COVID-19 dari Sejumlah Negara dan Ada Kekhawatiran Lonjakan Kasus Global

By Muflika Nur Fuaddah, Minggu, 25 April 2021 | 10:02 WIB

Covid hari ini

Intisari-Online.com - Budi Gunadi Sadikin, Menteri Kesehatan mengatakan, Pemerintah Indonesia tengah bersiap mengantisipasi masuknya varian baru Covid-19.

Di antaranya B.1.1.7 dari Inggris, B.1.351 dari Afrika Selatan, P.1 dari Brasil, serta varian mutasi ganda B.1.617 di India yang diperkirakan lebih berbahaya dan cepat menular.

“Gelombang kasus di India dipengaruhi mutasi virus dan pelonggaran penegakan protokol kesehatan."

"Akibatnya, penularan terjadi kembali dengan mutasi baru dan naik sangat tinggi," ujar Budi dilansir dari siaran pers di laman resmi Kemenkes, Sabtu (24/4/2021).

Baca Juga: Ratusan Orang India Malah Datang ke Indonesia di Saat Negaranya Jadi Sorotan Dunia Karena Covid-19, Terungkap Beginilah Mengerikannya Kondisi Covid-19 di India Saat Ini

Menurut Budi, mutasi-mutasi itu memunculkan kekhawatiran akan terjadinya lonjakan kasus yang sangat tinggi secara global.

"Ini pelajaran bagi kita semua agar selalu berhati-hati mengamati laju penularan Covid-19 ini,” lanjutnya.

Budi menjelaskan, Indonesia secara agresif melakukan pemeriksaan Whole Genome Squencing (WGS).

Dengan cara ini, akan diketahui lebih cepat karakteristik virus Covid-19, sehingga diharapkan dapat membantu mengurangi tingkat penularan dan meningkatkan kesembuhan.

Baca Juga: India Jadi Sorotan Dunia, Karena Negaranya Carut-Marut Dihajar Covid-19, Indonesia Malah Dikejutkan Sebuah Pesawat Sewaan Masuk Berisi Ratusan Orang India, Apa Tujuannya?